Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan PS4 Spektakuler, Saham Sony Sentuh Level Tertinggi dalam Satu Dekade

Saham Sony Corp. naik ke level tertinggi dalam lebih dari satu dekade setelah raksasa elektronik asal Jepang ini meningkatkan prospeknya untuk tahun fiskal berjalan, ditopang kuatnya penjualan konsol PlayStation 4.

Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 01 Agustus 2018  |  09:36 WIB
Penjualan PS4 Spektakuler, Saham Sony Sentuh Level Tertinggi dalam Satu Dekade
/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Saham Sony Corp. naik ke level tertinggi dalam lebih dari satu dekade setelah raksasa elektronik asal Jepang ini meningkatkan prospeknya untuk tahun fiskal berjalan, ditopang kuatnya penjualan konsol PlayStation 4.

Saham Sony naik 5,4% pada awal perdagangan di Tokyo, menuju level penutupan tertinggi sejak 2008, setelah menaikkan proyeksi laba bersih dan pendapatan full year-nya. Tak hanya itu, laba operasional Sony secara tajam mengalahkan perkiraan untuk periode April-Juni 2018.

“Segmen games mengalami kuartal yang spektakuler dengan kesuksesan [video game] God Of War. Dengan lebih banyak games, kami kira ini akan tetap menjadi pendorong yang besar,” ujar Atul Goyal, analis Jefferies Group, dalam risetnya seperti dikutip Bloomberg.

Menurut Sony, laba bersih perusahaan akan mencapai 500 miliar yen (US$4,5 miliar) untuk penjualan sebesar 8,6 triliun yen hingga Maret mendatang. Angka ini lebih besar dari prediksi sebelumnya, masing-masing sebesar 480 miliar yen dan 8,3 triliun yen.

Revisi pendapatan tersebut ditopang penjualan games yang lebih tinggi. Adapun debut pasar baru-baru ini dari layanan streaming musik menambahkan proyeksi untuk laba bersih.

Perusahaan ini juga melaporkan hasil kuartal pertama yang kuat, dengan laba operasional sebesar 195 miliar yen, melebihi proyeksi rata-rata untuk 145,4 miliar yen.

Unit PlayStation sekali lagi menonjol. Pendapatannya melejit 36% selama kuartal tersebut dan laba operasionalnya naik hampir lima kali lipat, dengan penjualan games baru yang lebih kuat, di antaranya "God of War" dan "Detroit: Become Human".

Sementara itu, ada lebih banyak judul games dijual secara digital melalui PlayStation Network-nya, yang menghasilkan margin laba lebih tinggi daripada melalui toko-toko. Hal ini memberi Sony keyakinan untuk menaikkan perkiraan penjualan unit PS4 menjadi 17 juta dari 16 juta.

"Games memiliki kinerja lebih baik daripada konsensus para analis," kata Masahiko Ishino, seorang analis di Tokai Tokyo Securities. “Tidak ada kejutan besar dari semua ini, tetapi pada akhirnya ini adalah hasil yang cukup kuat.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

playstation sony
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top