Sarana Meditama Metropolitan (SAME) Suntik Anak Usaha Rp100 Miliar

PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk. memberikan dana segar kepada anak usahanya yakni PT Kurnia Sejahtera Utama (KSU) senilai Rp100 miliar. Emiten bersandi SAME itu memiliki 99,99% saham di KSU.
Tegar Arief | 17 Juli 2018 12:44 WIB
Direktur Utama PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk S. Shrikanth (kedua kanan), Direktur Hassan Themas (kedua kiri), Direktur Maria dan Direktur Tidak Terafiliasi Kwong Pei Meng memberikan penjelasan pada paparan publik di Jakarta,Senin (10/4). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk. memberikan dana segar kepada anak usahanya yakni PT Kurnia Sejahtera Utama (KSU) senilai Rp100 miliar. Emiten bersandi SAME itu memiliki 99,99% saham di KSU.

Peningkatan modal dasar KSU dari Rp20 miliar menjadi Rp200 miliar terbagi atas 200.000 saham. Penambahan penyertaan modal KSU sebanyak 100.000 saham ata senilai Rp100 miliar.

"Dengan demikian, modal disetor KSU berubah dari Rp10 miliar menjadi Rp110 miliar," kata Direktur Sarana Meditama Metropolitan Surina dikutip dari keterbukaan informasi, Selasa (17/7/2018).

Alasan dilakukannya penambahan penyertaan modal ini adalah untuk memperkuat struktur permodalan dalam rangka pembangunan rumah sakit baru.

Kejadian ini tidak berdampak secara langsung karena penambahan modal dilakukan kepada perusahaan anak yang telah dimiliki secara mayoritas oleh emiten pengelola Omni Hospital nin dan tidak mengubah pemegang saham pengendali KSU.

Belum lama ini, SAME juga mendapatkan fasilitas pinjaman dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. tepatnya pada 3 Juli lalu. SAME mendapatkan fasilitas kredit investasi dengan nilai pokok pinjaman mencapai Rp729 miliar serta fasilitas kredit modal kerja dengan nilai pokok pinjaman Rp60 miliar.

"Tujuan oinjaman adalah untuk take over fasilitas kredit investasi sekaligus top up dan tambahan modal kerja," kata Surina.

Dia mengatakan, kejadian ini akan menunjang pembiayaan untuk pengembangan usaha perseroan serta menjamin ketersediaan dana untuk melakukan ekspansi sehingga mendukung kelangsungan usaha perseroan.

Sementara itu, pada kuartal I/2018 SAME telah membukukan pendapatan senilai Rp222,4 miliar. Angka ini naik sebesar 23% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni senilai Rp181 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sarana meditama metropolitan

Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top