Profindo Sekuritas Indonesia: IHSG Melemah, Cermati 5 Saham Pilihan Berikut Ini

Profindo Sekuritas Indonesia memprediksi Indeks pada hari ini cenderung bergerak melemah dengan range pergerakan 5.939-6.116.
Mia Chitra Dinisari | 20 Juni 2018 08:43 WIB
Karyawan dan pelaku usaha berada di dekat monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (16/3/2018). - ANTARA/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Profindo Sekuritas Indonesia memprediksi Indeks pada hari ini cenderung bergerak melemah dengan range pergerakan 5.939-6.116.

Analis Yuliana mengatakan hal tersebut karena secara teknikal, Indeks membentuk bearish engulfing candlestick patter mengindikasikan potensi bearish reversal. Disamping itu, Indeks berada di bawah garis MA5, RSI dan MFI bergerak flat.

Saham yang dapat diperhatikan adalah PGAS (buy), BMTR (buy), LPPF (buy), ACES (SoS), KLBF (buy), dan EXCL (buy).

IHSG ditutup melemah tajam pada perdagangan Jumat 8 Juni lalu akibat adanya aksi profit taking menjelang libur panjang lebaran menjadi faktor penurunan Indeks. Disamping itu, penurunan Indeks juga di tekan terutama melemahnya sektor keuangan dan infrastruktur. Asing mencatatkan net sell sebesar Rp 2.45 triliun dengan saham BBRI dan TLKM menjadi net top seller dan saham PTBA dan ISAT menjadi net top buyer.

Wallstreet berakhir melemah pada perdagangan Selasa waktu setempat disebabkan adanya perselisihan perdagangan antara AS dengan China. Presiden AS Donald Trump mengeluarkan ancaman untuk mengenakan tarif sebesar 10 persen kepada barang-barang impor dari China dengan potensi perdagangan sebesar USD 200 miliar. Hal ini membuat Beijing juga akan melakukan hal yang sama dengan memberikan tarif yang besar kepada barang-barang asal Amerika Serikat.Dow Jones -1.15%, S&P500 -0.40%, dan Nasdaq -0.28%.

Bursa Eropa ditutup melemah menyusul penurunan yang terjadi di wallstreet akibat meningkatnya ketegangan perang dagang antara AS dengan China sehingga membuat saham sektor otomotif dan pertambangan menjadi terbebani. Dax -1.22%, CAC 40 -1.10%, FTSE 100 -0.36%, dan Stoxx 600 -1.11%.

Harga minyak mentah dunia berakhir melemah turut dipengaruhi akibat perselisihan perang dagang antara AS dengan China. Disamping itu, adanya ekspektasi kenaikan pasokan negara-negara anggota OPEC juga ikut membebani harga minyak setelah Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengusulkan penambahan produksi sebesar 1,5 juta barel per hari.

Tag : IHSG
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top