Poems Syariah Ajak Tabung Umrah Melalui Reksa Dana

Semua umat Islam pasti memiliki impian untuk mendatangi Tanah Suci untuk melakukan ibadah umrah dan haji untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 24 Mei 2018 01:15 WIB
Jemaah haji menunaikan salat fardhu di Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi. - Reuters/Amr Abdallah Dalsh

Bisnis.com, JAKARTA – Semua umat Islam pasti memiliki impian untuk mendatangi Tanah Suci untuk melakukan ibadah umrah dan haji untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima.

Jelas, untuk pergi ke sana dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun, sudah banyak agen travel dan lembaga keuangan yang menawarkan kemudahan agar Anda dapat menjalankan ibadah umroh dan haji dengan mudah.

Salah satunya Anda bisa mulai berinvestasi untuk berangkat haji dan umrah melalui reksa dana syariah.

Reksadana syariah adalah jenis investasi di mana keseluruhan prosesnya memenuhi syarat halal. Pada reksadana syariah ini, dikenal beberapa istilah seperti masyarakat sebagai pemilik modal, yang biasa disebut dengan istilah rabb al-mal atau shabib al-mal yang akan menyetorkan dana sekaligus mengelola dana oleh wakil pemilik modal, yang bertindak sebagai rabb al-mal tersebut.

Salah satunya ditawarkan oleh Poems Syariah, sistem online trading amanah pertama di Indonesia yang menyediakan layanan investasi saham dan reksa dana syariah di dalamnya.

"Caranya [untuk yang ingin menabung reksa dana umroh dan haji] Anda bisa mengakses fitur smartplan yang ada di aplikasi Poems ID," ungkap Rendy Yudistira, Senior Staff Education PT Phillip Sekuritas Indonesia, di Jakarta pada Rabu (23/5/2018).

Nominal deposit yang harus harus disetor untuk menabung reksadana di Poems ID adalah Rp500.000. Namun, untuk reksa dana tabungan umroh minimal depositnya adalah 10% dari total paket umrah yang Anda inginkan.

Reksa dana Anda akan dikelola oleh manajer investasi Bahana Likuid Syariah dan dana ini tidak dapat Anda tarik sampai dananya dikatakan cukup untuk paket umrah yang Anda pilih.

"Untuk dana nasabah yang ingin berangkat umrah, nanti yang akan mengelola adalah Bahana karena dia manajer investasinya, kalau Philip Sekuritas bertindak sebagai perantara karena Poems Syariah ada kerjasama dengan Bahana [PT Bahana TCW Investment Management]," tambah Rendy.

Untuk risiko, Anda tidak perlu khawatir, pihak Poems menyarankan Anda untuk memilih produk reksadana pasar uang, di mana per-tahun akan ada return untuk Anda sebesar 5-7% per tahun.

Poems Syariah sendiri bekerja sama dengan ESQ Tour Travel untuk program reksadana umroh tersebut. Di mana nantinya akan ditawarkan tiga paket umrah reguler yakni paket A+ (eksklusif), SBU (sedang), dan SBD (murah).

Saat ini, kata Rendy, sudah berada dalam tahap bahasan akhir dan tinggal tanda tangan kontrak kerjasama secara resmi.

Tag : Ibadah Haji, umrah
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top