PREDIKSI IHSG SENIN (21/5/2018): IHSG Masih Mencoba Menguat, Sejumlah Saham Ini Jadi Rekomendasi Analis

Indeks harga saham gabungan diprediksi mencoba menguat pada pembukaan perdagangan awal pekan ini setelah berfluktuasi saat sesi perdagangan terakhir akhir pekan lalu.
M. Nurhadi Pratomo | 20 Mei 2018 20:36 WIB
Karyawati mengamati pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Dealing Room Bank Permata, Jakarta, Rabu (4/4/2018). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks harga saham gabungan diprediksi mencoba menguat pada pembukaan perdagangan awal pekan ini setelah berfluktuasi saat sesi perdagangan terakhir akhir pekan lalu.

Menurut data Bloomberg, indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali tersungkur 0,56% atau 32,610 poin ke level 5.783,310 pada sesi perdagangan terakhir pekan lalu. Investor asing tercatat net sell Rp689,42 miliar dengan BBRI, BBCA, dan BMRI menjadi top net sell value.

Analis Binaartha Sekuritas Indonesia M. Nafan Aji Gusta Utama menjelaskan, berdasarkan dailty pivot dari Bloomberg, support pertama maupun kedua memiliki rentang 5.763,263 hingga 5.743,216. Sementara itu, resistance pertama maupun kedua berada di level 5.823,404 hingga 5.863,498.

Nafan menyebut, berdasarkan indikator daily, MACD berhasil membentuk golden cross di area negatif. Adapun, stokastik dan RSI berada di area netral namun terlihat pola downward bar.

“Mengindikasikan adanya peluang terjadi pelemahan lanjutan pada pergerakan indeks saham sehingga berpotensi menuju ke area level support,” ujarnya melalui riset yang dipublikasikan akhir pekan lalu.

Binaartha Sekuritas merekomendasikan sejumlah saham yang dapat menjadi pertimbangan investor yakni CPIN, CTRA, ICBP, INDF, LPPF, dan RALS.

Di sisi lain, Equity Technical Analyst Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengungkapkan pergerakan IHSG secara teknikal, akhir pekan lalu, kembali tertekan di level MA5 dengan peluang menguji level support pada momentum dan pergerakan bearish indikator stokastik. Kendati demikian, indikator RSI masih cukup murah di area oversold.

Lanjar memproyeksikan IHSG bergerak di rentang support 5738 dan resistance 5.845. Diperkirakan, IHSG akan bergerak kembali terkonsolidasi mencoba menguat pada perdagangan awal pekan ini.

Di tengah kondisi tersebut, Reliance Sekuritas Indonesia merekomendasikan sejumlah saham yang dapat dicermati yakni ANTM, LSIP, MYOR, PGAS, SMBR, TINS, dan UNVR.

Sementara itu, Analis Artha Sekuritas Indonesia Juan Harahap memprediksi IHSG menguat pada sesi perdagangan pekan ini. Pihaknya memproyeksikan pergerakan akan berada di level support 5.770 dan resistance 5.860.

Berdasarkan analisis teknikal, sambungnya, candle bar akan menguji support kuat di level 5.770. Menurutnya, terdapat akan kemungkinan terjadi rebound dari level tersebut.

Adapun, sejumlah saham yang direkomendasikan Artha Sekuritas Indonesia yakni GGRM, BBCA, LPPF, AALI, BSDE, ELSA, dan ANTM.

Tag : IHSG
Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top