Sentimen Membaik, Indeks Stoxx Europe Ditutup Menguat

Bursa saham Eropa menguat pada perdagangan Selasa (17/4/2018) ke level tertinggi sejak akhir Februari karena sentimen pada ketegangan antara AS dan Rusia berkurang dan perhatian bergeser ke musim laba kuartal pertama.
Aprianto Cahyo Nugroho | 18 April 2018 05:52 WIB
Indeks Stoxx - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa menguat pada perdagangan Selasa (17/4/2018) ke level tertinggi sejak akhir Februari karena sentimen pada ketegangan antara AS dan Rusia berkurang dan perhatian bergeser ke musim laba kuartal pertama.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,8% atau 3,03 poin ke level 380,77 setelah bergerak pada kisaran 377,95 – 381,50, sementara indeks di Eropa lainnya juga naik, didorong oleh perdagangan sesi sore menyusul kenaikan kuat di Wall Street.

Namun, data ekonomi dari Cina memberikan gambaran yang beragam tentang kesehatan ekonomi negara itu. Pertumbuhan ekonomi mencapai 6,8% pada kuartal pertama tetapi angka terpisah menunjukkan output industri Maret meleset dari ekspektasi.

"Setelah menenangkan kekhawatiran geopolitik dan optimisme tentang musim pendapatan kuartal pertama, data campuran dari China dapat menghidupkan kembali pertanyaan tentang kondisi ekonomi negara dengan perkonomian terbesar kedua di dunia tersebut," ungkap analis Accendo Markets, Mike van Dulken dan Artjom Hatsaturjants, seperti dikutip Reuters.

Sektor perbankan Italia menguat 1,7% setelah bank terbesar negara tersebut, Intesa Sanpaolo, menyetujui penjualan kredit macet yang menurut para investor dapat membantu bank lain untuk mencapai persyaratan yang lebih baik dan meningkatkan pinjaman. Saham Intrum Justitia Swedia, yang membeli pinjaman dari Intesa, menguat 8%.

Sementara itu, saham AB Foods menguat 4,1% setelah memenuhi hasil ekspektasi dengan kinerja yang tangguh di bisnis fashion Primark dan pengurangan pendapatan gula.

Tag : bursa eropa
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top