Sektor Finansial Menguat, Indeks Stoxx Rebound

Bursa saham Eropa pulih pada perdagangan Selasa, (20/3/2018), dipimpin oleh sektor finansial, sementara sektor teknologi tetap di bawah tekanan setelah kekhawatiran mengenai peraturan dan perpajakan yang meningkat dari perusahaan besar di sektor ini.
Aprianto Cahyo Nugroho | 21 Maret 2018 06:47 WIB
Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa pulih pada perdagangan Selasa, (20/3/2018), dipimpin oleh sektor finansial, sementara sektor teknologi tetap di bawah tekanan setelah kekhawatiran mengenai peraturan dan perpajakan yang meningkat dari perusahaan besar di sektor ini.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,51% atau 1,89 poin ke level 375,57 setelah bergerak pada kisaran 373,09 – 375,98, sementara indeks FTSE Inggris naik 0,3% setelah mencapai level terendah 15 bulan di sesi sebelumnya.

Dilansir Reuters, tekanan pada Facebook meningkat karena Inggris mengatakan bahwa pihaknya melakukan penyelidikan setelah mendapat laporan bahwa sebuah konsultan politik yang berbasis di London yang disewa oleh Presiden AS Donald Trump secara tidak sah mengakses informasi mengenai 50 juta pengguna perusahaan tersebut.

Saham teknologi Eropa tertinggal, meskipun berhasil mengalami kenaikan 0,4% setelah kehilangan lebih dari 1,5% pada sesi sebelumnya. Sektor ini tetap merupakan penyumbang terbesar di Eropa dalam 12 bulan terakhir.

Sementara itu, penguaatan sektor finansial membantu mengimbangi pelemahan saham media dan telekomunikasi.

Dorongan dari saham Publicis mereda setelah saham emiten grup iklan terbesar ketiga di dunia ini berbalik melemah karena analis menunjukkan adanya penerimaan beragam terhadap rencana bisnis baru perusahaan di pasar periklanan yang menantang.

Publicis mengatakan bahwa pihaknya melipatgandakan usaha untuk menjadi mitra konsultasi bagi pengiklan global secara online untuk membantu meningkatkan pertumbuhan.

Saham emiten periklanan dan media termasuk di antara sektor terburuk di Eropa selama 12 bulan terakhir, karena mereka berjuang untuk bersaing dengan pemain internet besar AS seperti Facebook dan Google yang menghadapi pengawasan peraturan yang semakin ketat.

Di antara produsen teknologi, perusahaan perangkat lunak Inggris Micro Focus turun 1,9%, setelah kehilangan 46,3% pada sesi sebelumnya menyusul keluarnya CEO perusahaan dan pemangkasan prospek pendapatan.

Tag : bursa eropa
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top