Sektor Tambang & Finansial Dorong Penguatan Indeks Stoxx

Bursa saham Eropa ditutup di zona hijau pada perdagangan Rabu (21/2/2018) karena Wall Street menguat dan laporan kinerja positif dari Lloyds and Glencore yang memberi dorongan pada sektor finansial dan tambang.
Aprianto Cahyo Nugroho | 22 Februari 2018 05:46 WIB
Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa ditutup di zona hijau pada perdagangan Rabu (21/2/2018) karena Wall Street menguat dan laporan kinerja positif dari Lloyds and Glencore yang memberi dorongan pada sektor finansial dan tambang.

Indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,16% atau 0,59 poin ke level 381,1 setelah bergerak pada kisaran 377,57 – 381,311. Adapun indeks DAX Jerman melemah 0,14%, sedangkan indeks FTSE 100 Inggris menguat 0,48%.

Dilansir Reuters, data aktivitas bisnis baru dari kawasan euro mereda kekhawatiran bahwa kebijakan moneter ultra-mudah di zona euro dapat berakhir lebih cepat.

Indeks FTSE Inggris mengungguli indeks lain di Eropa menyusul kenaikan saham Glencore sebesar 5,2% setelah merilis laporan keuangan tahun 2017 yang digambarkan sebagai kinerja "yang terkuat" dari emiten tambang ini.

Saham Glencore membantu indeks sektor sumber daya alam naik 1,6%.

Sementara itu, sektor perbankan menguat 0,5%, didorong oleh rilis laporan keuangan Lloyds, yang melaporkan laba sebelum pajak tertinggi sejak 2006 dan mengumumkan buyback saham hingga senilai satu miliar poundsterling.

"Banyak yang menyukai kinerja Lloyds, dengan laba meningkat, biaya terkendali, dan sejumlah besar dividen yang dibagikan ke pemegang saham," kata Laith Khalaf, analis senior di Hargreaves Lansdown, seperti dikutip Reuters.

Analis ekuitas di UBS mengatakan musim laporan pendapatan kuartal keempat di Eropa tergolong sangat kuat karena sebagian besar pendapatan emiten direvisi naik.

"Meskipun perhatian jelas beralih ke fokus lain selama beberapa minggu terakhir, mengingat koreksi pada pasar saham dan kenaikan volatilitas yang tajam, musim laporan kinerja emiten yang menjadi fundamental dengan baik menopang kinerja indeks,” ungkap analis UBS dalam sebuah catatan.

"Sikap bullish kami pada pasar saham Eropa untuk 2018 didukung oleh pemulihan laba yang didorong oleh pertumbuhan emiten besar, leverage operasional dan penyesuaian kembali neraca," tambah UBS.

Tag : bursa eropa
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top