Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BURSA JEPANG 9 NOVEMBER: Trump Ungguli Hillary, Topix & Nikkei 225 Sentuh Level Terendah Sejak Brexit

Bursa saham Jepang melemah tajam pada akhir perdagangan Rabu (9/11/2016) menyusul keunggulan sementara Donald Trump atas Hillary Clinton dalam ajang pemilihan presiden AS menekan kinerja pasar global.
Bunga Citra Arum Nursyifani
Bunga Citra Arum Nursyifani - Bisnis.com 09 November 2016  |  14:45 WIB
BURSA JEPANG 9 NOVEMBER: Trump Ungguli Hillary, Topix & Nikkei 225 Sentuh Level Terendah Sejak Brexit
Reaksi Pendukung Donald Trump Pada Malam Pemilihan di Manhattan - REUTERS
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Jepang melemah tajam pada akhir perdagangan Rabu (9/11/2016) menyusul keunggulan sementara Donald Trump atas Hillary Clinton dalam ajang pemilihan presiden AS menekan kinerja pasar global.

Indeks Topix terpantau ditutup melemah tajam 4,57% ke level 1.301,16 dengan saham perusahaan otomotif memimpin koreksi. Dari 1974 saham yang terdaftar, 42 saham menguat, 1.923 saham melemah, dan 9 stagnan.

Saham Toyota Motor Corp memimpin koreksi dengan melemah 6,52%, sementara saham Honda Motor Co Ltd anjlok 7,83%.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 juga tercatat ditutup melemah 5,35% ke level 16.251,54, dimana seluruh 225 saham yang terdaftar melemah.

Angka-angka tersebut adalah yang terendah sejak pasar saham mengalami goncangan pasca momen keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa atau Brexit.

Toru Suehiro, Ekonom Senior Mizuho Securities Co., mengatakan mengatakan pasar saham kembali mengalami momen Black Swan—metafora untuk sesuatu yang mengejutkan dan berdampak besar—dengan keunggulan sementara Trump.

“Mengingat bagaimana kebijakan Trump bisa menyebabkan ekspansi fiskal dalam jangka menengah-ke-panjang, yang mengarah ke dolar yang lebih kuat dan imbal hasil yang lebih tinggi, sentimen pasar saat ini adalah melepaskan risiko, mengarah ke pembelian yen Jepang, pembelian obligasi, dan penjualan saham," ujarnya seperti dikutip Bloomberg, Rabu (9/11/2016).

Capres dari Partai Republik Donald Trump unggul atas capres Partai Demokrat Hillary Clinton dengan posisi 276 vs 215. Pihak yang meraih 270 electoral votes mengamankan kemenangan pemilihan presiden kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nikkei 225 indeks topix
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top