Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SAMUEL SEKURITAS: IHSG Didorong Optimisme Program Tax Amensty

Samuel sekuritas Indonesia memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (16/9/2016) berpeluang lanjutkan penguatan didorong oleh optimisme program tax amnesty.
Suasana di sebuah kantor sekuritas/Endang Muchtar
Suasana di sebuah kantor sekuritas/Endang Muchtar

Bisnis.com, JAKARTA— Samuel sekuritas Indonesia memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Jumat (16/9/2016) berpeluang lanjutkan penguatan didorong oleh optimisme program tax amnesty.

Riset Samuel Sekuritas memaparkan meski new claims tercatat naik 1.000 dibandingkan bulan sebelumnya, data rata-rata 4 minggu jobless claims yang tercatat sebesar 260.750 atau masih lebih rendah dibandingkan bulan lalu dan memberikan sinyal positif untuk laporan tenaga kerja bulan September.

Di sisi lain, ekonom US memangkas estimasi GDP growth kuartal III US sebanyak 0,2% menjadi sebesar 2,8% setelah data retail Agustus berada di bawah ekspektasi.  Data retail US Agustus tercatat sebesar -0,3%, turun 0,1% sementara market memproyeksi kenaikan 0,3%. Data lain yang dirilis adalah data produksi industrI US bulan Agustus yang juga dibawah ekspektasi, yaitu sebesar 0,4% (Juli: +0,6%), dimana hal ini juga menyebabkan indeks harga produsen flat dibandingkan bulan sebelumnya.

Calon presiden US, Donald Trump, dalam pidato mengenai kebijakan ekonomi, menjanjikan akan meningkatkan pertumbuhan PDB sebesar 3,5% dan menciptakan 25 juta lapangan kerja baru. Data inflasi dan consumer sentiment US menjadi data yang ditunggu di hari Jumat ini .

Sementara itu, mayoritas bursa Asia dibuka menguat dalam menyambut pertemuan bank sentral US dan Jepang di minggu depan.

“Hari ini IHSG bisa menguat seiring dengan surplus neraca perdagangan sebesar US$293,6 juta pada Agustus dan optimisme Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk meraih dana tebusan pengampunan pajak akan tembus Rp45 triliun sampai berakhirnya periode I program tersebut pada 30 September 2016,” papar riset tersebut.

Berdasarkan data DJP, hingga pukul 23.00 WIB, dana tebusan murni berdasarkan surat pernyataan harta mencapai Rp13,1 triliun, sedangkan dana tebusan berdasarkan surat setoran pajak (SSP) mencapai Rp22,7 triliun, adapun dana repatriasi naik 11% menjadi Rp26 triliun.

Sejumlah nama konglomerat dikabarkan akan segera melaporkan pajaknya diantaranya Dato’ Sri Tahir (Mayapada) dan Anindya Bakrie (keluarga Bakrie).

Highlights

  • PTPP siap ekspansi 100ribu unit hunian
  • PTPP alokasikan belanja modal hingga Rp18tn per tahun
  • ANTM tidak bisa menjual 5 juta ton biji nikel
  • ANTM menunjuk Kawasaki dan Wika untuk Proyek P3FH
  • ADRO : Financial closing PLTU tertunda
  • MEDC : Merilis obligasi
  • JSMR : Rights issue berpotensi menyebabkan dilusi saham sebesar 6,74%
  • HERO : Akan ekspansi gerai tahun depan
  • Perbankan : Bunga kredit mikro mulai diturunkan
  • Konstruks : BPJS dan Taspen niat akuisisi saham

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper