Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SAMUEL SEKURITAS: Dibayangi Sentimen Negatif, Yield SUN Berpeluang Naik

Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi imbal hasil surat utang negara (SUN) berpeluang mengalami kenaikan pada perdagangan Senin (22/8/2016) seiring adanya sentimen negatif dari dalam dan luar negeri.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA— Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi imbal hasil surat utang negara (SUN) berpeluang mengalami kenaikan pada perdagangan Senin (22/8/2016) seiring adanya sentimen negatif dari dalam dan luar negeri.

Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan pasar obligasi negara tengah dibayangi sentiment negatif dari dalam dan luar negeri. Dari global, pernyataan hawkish wakil gubernur the Fed berhasil mendorong imbal hasil Negara maju untuk naik. Sentimen tersebut bergabung dengan sentimen kenaikan ekspektasi inflasi akibat kenaikan harga minyak mentah.

Dari domestik, harapan pemangkasan suku bunga acuan sirna setelah RDG pada Jumat malam memutuskan suku bunga acuan yang baru, 7 day Reverse Repo rate, dipertahankan di 5,25% walaupun Lending Rate ON dipangkas 100 bps.

Di saat yang sama BI melihat pengaruh pemangkasan anggaran yang berpengaruh buruk terhadap prospek pertumbuhan di 2016. “Sentimen negatif tersebut berpeluang mendorong kenaikan imbal hasil SUN walaupun di awal Agustus 2016 inflasi masih terpantau rendah,” katanya dalam riset, Senin (22/8/2016).

Adapun, fokus saat ini beralih ke rilis resmi revisi APBN-P 2016. Menteri Keuangan melihat pencapaian pajak yang jauh lebih rendah dari perkiraan sebelumnya, itu bisa memicu harapan pelebaran defisit anggaran apalagi di tengah masih minimnya pencapaian pendapatan tax amnesty.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper