Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AKR Siap Jual Lahan 100 Hektare ke Freeport

PT AKR Corporindo Tbk. siap menjual lahan seluas 100 hektare kepada PT Freeport Indonesia di Java Integrated Industrial & Port Estate (JIIPE). Lahan tersebut rencananya akan digunakan untuk fasilitas smelter dengan investasi mencapai Rp30 triliun.
Ilustrasi/akr.co.id
Ilustrasi/akr.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT AKR Corporindo Tbk. siap menjual lahan seluas 100 hektare kepada PT Freeport Indonesia di Java Integrated Industrial & Port Estate (JIIPE). Lahan tersebut rencananya akan digunakan untuk fasilitas smelter dengan investasi mencapai Rp30 triliun.

Suresh Vembu, Direktur AKR, mengatakan perseroan memang tengah melakukan negosiasi dengan Freeport, Dia menambahkan, bidang tanah untuk Freeport sudah disiapkan. "Sudah ada pembicaraan, tapi ada detail-detail yang belum bisa kami sampaikan, ujarnya kepada Bisnis.com Kamis (21/7/2016).

Dia mengakui, pembelian lahan seluas 100 hektare oleh Freeport merupakan jumlah yang signifikan. Oleh karena itu, Freeport akan menjadi salah satu investor utama yang bercokol di kawasan industri JIIPE. 

Jika transaksi rampung, AKR diestimasi bisa melampaui target penjualan lahan industri sebesar 60 hektare tahun ini. Jumlah ini juga lebih dari luas dua kali lipat dibandingkan realisasi prapenjuaan sepanjang tahun lalu seluas 27 hektare. 

Di lain pihak, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Jawa Timur menyatakan, Freeport telah mengajukan izin prinsip pembangunan smelter di JIIPE. 

Lili Soleh Wartadipraja, Kepala BKPM Jawa Tiur mengatakan Freeport bisa menggunakan fasilitas kemudahan investasi langsung konstruksi atau KLIK untuk mempercepat pemancangan tiang perdana atau groundbreaking. 

"Mereka sudah masukan izin dan bisa memanfaatkan KLIK. Ada 8 calon investor lagi yang akan masuk JIIPE," jelasnya kepada Bisnis.com, Kamis (21/7/2016).

Sebagaimana diketahui, kawasan industri JIIPE dikelola oleh PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera, anak usaha patungan AKR dengan PT Pelindo III.Luas area kawasan industri di JIIPE mencapai 1.761 hektare. Selain kawasan industri, JIIPE juga mencakup kawasan pelabuhan seluas 406,10 hektare dan kawasan perumahan seluas 765,77 hektare.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper