Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KINERJA SSMS 2016: Laba & Pendapatan Sawit Sumbermas Ambrol

Perusahaan perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) harus menelan pil pahit dengan ambrolnya pendapatan dan laba bersih perseroan lantaran rendahnya harga komoditas minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO).
Sukirno
Sukirno - Bisnis.com 11 Mei 2016  |  18:56 WIB
KINERJA SSMS 2016: Laba & Pendapatan Sawit Sumbermas Ambrol
Bagikan

Bisnis.com, PANGKALANBUN--Perusahaan perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) harus menelan pil pahit dengan ambrolnya pendapatan dan laba bersih perseroan lantaran rendahnya harga komoditas minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO).

Direktur Utama PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. Rimbun Situmorang mengatakan rendahnya harga komoditas CPO masih melanjutkan tren penurunan sejak tahun lalu hingga kuartal I/2016.

"Kami hanya bisa melakukan efisiensi dalam berbagai lini. Tapi memang harga CPO secara global terus turun," katanya saat kunjungan wartawan ke kebun sawit perseroan di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Rabu (11/5/2016).

Pada kuartal I/2016, pendapatan emiten bersandi SSMS tersebut melorot 31,8% menjadi Rp469 miliar dari periode yang sama tahun lalu senilai Rp688 miliar. Laba bersih perseroan juga ambrol 46% menjadi Rp149 miliar dari Rp276 miliar.

Volume penjualan yang dibukukan kuartal pertama tahun ini merosot 31,5% menjadi 52.000 ton dari tahun lalu 76.000 ton. Hingga akhir tahun, perseroan memproyeksi produksi CPO bakal terkoreksi 15%-20% year-on-year.

Kendati demikian, Rimbun mengaku optimistis kinerja perseroan pada kuartal II/2016 bakal membaik seiring harga CPO yang mulai rebound. "Harga CPO sudah mulai naik sejak April, jadi kinerja bisa tertolong karena kenaikan harga," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sawit kinerja emiten sawit sumbermas sarana
Editor : Rustam Agus
Bagikan
Konten Premium

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top