Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA AMERIKA SERIKAT: Wall Street Rebound Usai Rapat The Fed, Dolar Jatuh

Indeks Standard & Poors 500 ditutup menguat 0,56% atau 11,29 poin ke level 2.027,22
Ilustrasi/Bloomberg
Ilustrasi/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Sikap dovish The Fed membuat dolar Amerika Serikat anjlok dan mendorong indeks Wall Street ke level tertinggi tahun ini. 

Indeks Standard & Poor’s 500 pada perdagangan Rabu (16/3/2016) ditutup menguat 0,56% atau 11,29 poin ke level 2.027,22, level tertinggi tahun ini. Adapun Dow Jones berakhir naik 0,43% atau 74,23 poin ke level 17.325,76.

Kedua indeks mencatatkan penguatan pertama minggu ini, rebound setelah dua hari tertekan oleh sikap hati-hati investor menunggu pengumuman hasil rapat FOMC.

Petinggi The Fed memutuskan mempertahankan suku bunga acuan di level 0,25–0,50%. Namun, median proyeksi suku bunga pada akhir tahun dari para anggota FOMC turun menjadi 0,875% yang menandakan akan ada dua kali kenaikan suku bunga pada tahun ini dari sebelumnya empat kali kenaikan.

Indeks dolar Amerika Serikat yang terapresiasi dalam 3 hari terakhir langsung anjlok setelah pernyataan The Fed. Pada pukul 04.11 WIB, indeks dolar diperdagangkan melemah 1,01% ke level 95,661.

“The Fed memberikan pasar apa yang mereka harapkan. Ini jelas tidak akan berpengaruh mendorong pergerakan pasar ke depan karena telah diantisipasi oleh investor dalam dua minggu terakhir,” kata Jeff Mortimeter dari BNY Mellon Wealth Management kepada Bloomberg.

Saham-saham komoditas memimpin penguatan di Wall Street dengan kenaikan indeks sektoral melebihi 1,6%. Saham Freeport-McMoran melonjak 10,48%, diikuti Alcoa Inc yang naik 6,3%.

Di sisi lain, keputusan The Fed menekan pergerakan saham di sektor finansial. Saham Bank of America merosot 1,84%, sedangkan Citi Group berakhir melemah 0,82%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper