Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga CPO Sawit Sumbermas Turun Tipis

Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) pada kuartal I/2015 tercatat sebesar Rp8 juta per ton.

Bisnis.com, JAKARTA - Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) pada kuartal I/2015 tercatat sebesar Rp8 juta per ton.

Besaran tersebut mengalami sedikit penurunan sebesar 3,6% jika dibandingkan dengan harga rata-rata yang berlaku pada kuartal I/2015 yang mencapai Rp8,3 juta per ton.

"Bagaimanapun karena terjadi penguatan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah, pada kuartal I/2015 ini harga CPO lebih rendah di kisaran US$624 per ton," kata perseroan dalam keterangan resmi, Minggu (3/5/2015).

Kendati terdapat tekanan pada harga CPO pada saat ini, perseroan menilai bisnis akan tetap menguntungkan untuk jangka panjang.

"Permintaan akan di dorong oleh meningkatnya kebutuhan minyak nabati baik untuk kebutuhan konsumsi atau bahan bakar," tulis perseroan.

Sementara itu, tingkat produksi tandan buah segar pada kuartal I/2015 mencapai 218.567 ton, naik 3,5% dari periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 211.142 ton.

Adapun yield perseroan mengalami penurunan signifikan pasca akusisi PT Sawit Mandiri Lestari dan PT Tanjung Sawit Abadi.

Hingga akhir 2014, yield SSMS mencapai 24,5 ton/ha, sementara pada kuartal I/2015 ini yield tercatat hanya 4,9 ton/ha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatia Qanitat
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper