Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo I Emisi Obligasi Rp300 Miliar

Perusahaan pelat merah PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) akan menerbitkan obligasi pada pertengahan tahun ini senilai Rp300 miliar.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Perusahaan pelat merah PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) akan menerbitkan obligasi pada pertengahan tahun ini senilai Rp300 miliar.

Bambang Eka Cahyana, Direktur Utama Pelindo I, mengatakan penerbitan obligasi akan digunakan untuk penambahan kebutuhan belanja modal (capital expenditure/capex) tahun ini.

"Rencana kami tahun 2015 mungkin menerbitkan obligasi Rp300 miliar, untuk memenuhi ekuitas, istilah semacam latihan dulu," ujarnya, Rabu (14/1/2015).

Pelindo I mengklaim telah mendapatkan peringkat dari idAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo).

Dia mengklaim, ruang pinjaman Pelindo I masih cukup besar. Pasalnya, rasio pinjaman terhadap ekuitas (debt to equity ratio/DER) masih kurang dari 1 kali dengan pinjaman Rp700 miliar dan ekuitas Rp3,7 triliun pada akhir 2014.

Khusus untuk tahun ini, Pelindo I mengalokasikan belanja modal senilai Rp3,2 triliun. Belanja modal tersebut berasal dari kas internal sebesar Rp1,2 triliun dan pinjaman bank Rp2 triliun.

Perusahaan yang memiliki 5 unit usaha dan 4 anak perusahaan itu telah mengantongi pinjaman dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. masing-masing Rp1 triliun untuk kebutuhan belanja modal.

Pencairan pinjaman akan dilakukan pada akhir Januari atau awal Februari 2015 dari Bank Mandiri. Sedangkan dari BRI diperkirakan akan dicairkan pada Maret 2015.

Kebutuhan belanja modal tahun ini akan digunakan untuk pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung dan revitalisasi Pelabuhan Belawan di Sumatra Utara dan 14 pelabuhan lain di wilayah Sumatra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper