IHSG Diprediksi Turun Agustus, Saatnya Beli Saham Bank Bluechip

Saat IHSG diprediksi turun pada Agustus, investor disarankan membeli saham-saham bank yang tergolong bluechip, atau yang memiliki kapitalisasi pasar besar dan fundamentalnya baik.
Kegiatan perdagangan di BEI. IHSG diprediksi turun Agustus/Bisnis
Kegiatan perdagangan di BEI. IHSG diprediksi turun Agustus/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Saat IHSG diprediksi turun pada Agustus, investor disarankan membeli saham-saham bank yang tergolong bluechip, atau yang memiliki kapitalisasi pasar besar dan fundamentalnya baik.

Analis PT Investa Saran Mandiri yaitu Jhon Veter & Kiswoyo Adi Joe mengungkapkan pada bulan Agustus, besar kemungkinannya IHSG akan turun dalam.

“Data statistik sejak 2005 menunjukkan bahwa bulan Agustus adalah bulan di mana IHSG lebih banyak turunnya daripada naiknya,” ungkapnya dalam Investa White Paper edisi kedua di bulan Juli 2014, seperti dikutip, Sabtu (19/7/2014).

Oleh sebab itu, investor disarankan agar tidak terlena dalam situasi ‘Efek Jokowi’. Jhon dan Kiswoyo menyarankan, bagi investor yang memiliki cash dan ingin membeli saham di harga diskon atau harga murah, maka bisa menunggu di bulan Agustus.

“Lalu saat IHSG turun dalam di bulan Agustus, apa yang harus dibeli? Disarankan untuk membeli saham bluechip. Saham apakah itu? Kami sarankan itu adalah saham-saham perbankan,” ungkapnya.

Dasarnya adalah, sektor keuangan atau bank memiliki bobot paling besar dibandingkan dengan sektor lainnya terhadap IHSG yaitu sebesar 25%.

Lalu dari saham-saham yang ada di sektor keuangan, yang bobotnya besar hanya ada empat saham yaitu BBCA, BMRI, BBRI, dan BDMN. Namun, dari empat saham bank tersebut yang fundamentalnya bagus adalah BMRI, BBRI, BBCA.

“Sehingga sangat disarankan ketika saham BMRI, BBRI, dan BBCA turun dalam di bulan Agustus, maka itu adalah peluang emas untuk membeli saham bank bluechip di harga diskon,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper