Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

METROVACESA Jual Saham di Gecina Senilai US$2,11 Miliar

Metrovacesa SA, pengembang properti dengan nilai pasar terbesar di Spanyol, sepakat menjual 27% sahamnya di pengembang Prancis, Gecina SA, senilai 1,55 miliar euro atau US$2,11 miliar.
30%.   Metrovacesa membeli saham pengendali Gecina pada 2005 senilai 5,18 miliar euro. /bloomberg
30%. Metrovacesa membeli saham pengendali Gecina pada 2005 senilai 5,18 miliar euro. /bloomberg

Bisnis.com, NEW YORK - Metrovacesa SA, pengembang properti dengan nilai pasar terbesar di Spanyol, sepakat menjual 27% sahamnya di pengembang Prancis, Gecina SA, senilai 1,55 miliar euro atau US$2,11 miliar. 

Bloomberg, Sabtu, (7/6/2014), melaporkan investor institusional termasuk Blackstone Group BP akan membeli 16,8 juta saham Gecina dengan nilai 92 euro per lembar. Nilai tersebut 10% lebih rendah dari nilai aset bersih perusahaan yang berbasis di Paris itu. Metrovacesa menyatakan transaksi tersebut kemungkinan rampung sekitar akhir Juli dan akhir September. 

Norges Bank akan mengakuisisi 9% saham Gecina, Credit Agricole Assurances akan membeli 4,7%, afiliasi yang dimiliki Blackstone dan Ivanhoe Cambridge Inc. berencana membeli 6,9%, sedangkan afiliasi Blackstone bakal membeli 1,5%. 

Blackstone menyatakan afiliasi Blackstone-Ivanhoe telah memiliki 23% saham Gecina dan akan menjual saham yang diperlukan untuk menghindari kepemilikan saham 30%. 

Metrovacesa membeli saham pengendali Gecina pada 2005 senilai 5,18 miliar euro. Februari 2009, enam bank Spanyol mengambil kendali Metrovacesa dengan cara debt-for-equity swap. Pada 2010, Metrovacesa menawarkan sahamnya di Gecina sebagai dukungan untuk pinjaman sindikasi, lantas dia melanggar perjanjian tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper