Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panin Asset Management Target Dana Kelolaan Bertambah Rp300 Miliar

PT Panin Asset Management menargetkan tambahan dana kelolaan (Asset Under Management/AUM) Rp300 miliar dari produk reksa dana terbarunya, yaitu reksa dana Panin Dana Ultima.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Panin Asset Management menargetkan tambahan dana kelolaan (Asset Under Management/AUM) Rp300 miliar dari produk reksa dana terbarunya, yaitu reksa dana Panin Dana Ultima.

Direktur Panin Asset Management Ridwan Soetedja mengatakan ini adalah produk reksa dana saham yang diluncurkan setelah reksa dana saham Panin Dana Prima diluncurkan pada 2007.

“Hampir 7 tahun baru kami luncurkan kembali reksa dana saham konvensional. Jadi memang sudah cukup lama waktunya, karena kami lihat latar belakang adanya kebutuhan reksa dana yang agak berbeda dengan yang sudah kami punya sebelumnya,” ujarnya, Senin (19/5/2014).

Dengan demikian, kini Panin Asset Management memiliki total 4 produk reksa dana saham. Sebelumnya, perseroan telah memiliki 3 produk reksa dana saham, yakni Panin Dana Maksima, Panin Dana Prima, dan Panin Dana Syariah Saham.  

“Dengan tambahan Panin Dana Ultima, total produk reksa dana Panin yang konvensional jadi 12 produk,” ujar Ridwan.

Portofolio produk ini minimum 80% pada efek bersifat ekuitas. Reksa dana Panin Dana Ultima fokus pada saham-saham yang menawarkan pertumbuhan laba bersih yang menjanjikan dan mengidentifikasi saham potensial yang ditransaksikan di bawah nilai wajarnya.

“Produk ini lebih terkonsentrasi portofolionya, jumlahnya kurang dari 25 saham. Sebanyak 10 saham terbesar konsentrasinya cukup tinggi, sekitar 55%—65% dari dana kelolaan,” jelasnya.

Ridwan mengatakan pemilihan sahamnya adalah di sektor-sektor finansial, consumer goods, dan properti. Namun pemilihan saham ini masih sementara karena masih tergantung pada perkembangan pasar. Panin menargetkan bisa menambah 5.000 nasabah dari produk baru ini.

“Kami punya tim riset yang cukup baik. Kami yakin bisa memberikan kinerja yang cukup baik di masa yang akan datang, kami mencoba memberikan alternatif produk investasi,” ujarnya.  

Panin telah menunjuk PT Bank Central Asia Tbk. sebagai bank kustodian. Produk ini akan diluncurkan secara resmi pada 13 Juni 2014. Pembelian reksa dana ini minimal sebesar Rp100.000 untuk mahasiswa dan masyarakat umum minimal Rp250.000.

Head of Operation and Business Development Panin Asset Management Rudiyanto mengatakan reksa dana ini bisa dibeli melalui virtual account di Bank BCA dan bisa dibeli secara onlinedengan mengunduh formulir di website Panin. 

Adapun hingga saat ini, Panin Asset Management telah meraup dana kelolaan sebesar Rp15 triliun, yang mayoritas atau 90% merupakan reksa dana saham dan campuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper