Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investor Saham Kabur, Minat di Obligasi Meningkat

Di tengah situasi ekonomi domestik dan global yang dibalut ketidakpastian, investor asing di pasar modal memilih untuk keluar, sementara di pasar obligasi, modal asing justru masuk.
Maftuh Ihsan
Maftuh Ihsan - Bisnis.com 16 November 2013  |  11:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah situasi ekonomi domestik dan global yang dibalut ketidakpastian, investor asing di pasar modal memilih untuk keluar, sementara di pasar obligasi, modal asing justru masuk.

Menurut riset PT CIMB Securities Indonesia yang diperoleh Bisnis, Sabtu (16/11/2013), selama bulan lalu, capital outflow dari pasar saham tercatat mencapai US$170 juta, atau meningkat tajam dibandingkan September senilai US$28 juta.

Puncak dari keluarnya modal asing dari pasar saham terjadi pada pekan terakhri Oktober, yang merupakan akibat dari kurang memuaskannya laporan keuangan sejumlah perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia.

“Secara year-to-date, net foreign outflows mencapai US$1,5 miliar,” seperti dikutip dalam riset tersebut.

Sementara itu, investor asing justru mengalirkan dananya ke obligasi pemerintah. Selama bulan lalu, asing menambah modal Rp24 triliun (US$2,4 miliar) atau mencapai total Rp48 triliun di pasar obligsi skunder.

“Besarnya aliran dana asing disebabkan penurunan imbal hasil obligasi rata-rata 61 basis poin selama Oktober dibandingkan bulan sebelumnya,” tulis riset tersebut. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pasar modal indonesia yield obligasi
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top