Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kamus Bursa: Mengenal Jenis-jenis Transaksi Derivatif

Transaksi derivatif adalah transaksi yang didasari oleh suatu kontak atau perjanjian pembayaran yang nilainya merupakan turunan dari nilai instrumen yang mendasari, sepeti suku bunga, nilai tukar, komoditas, ekuiti dan indeks, baik yang diikuti dengan pergerakan atau tanpa pergerakan dana atau instrumen.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 09 November 2013  |  18:28 WIB

Bisnis.com, BANDUNG—Transaksi derivatif adalah transaksi yang didasari oleh suatu kontak atau perjanjian pembayaran yang nilainya merupakan  turunan dari nilai instrumen yang mendasari, sepeti suku bunga, nilai tukar, komoditas, ekuiti dan indeks, baik yang diikuti dengan pergerakan atau tanpa pergerakan dana atau instrumen.

Adapun jenis-jenis transaksi derivatif yakni:

1. Fx Forward adalah transaksi valuta asing (valas) yang  didasari oleh suatu kontrak untuk melakukan pembelian atau penjualan valas, yang penyerahan dananya dilakukan dalam waktu lebih dari 2 hari kerja setelah tanggal transaksi.

2. Fx Swap adalah transaksi valas yang didasari suatu kontrak untuk melakukan pertukaran valas melalui pembelian tunai atau berjangka dengan perjanjian untuk menjual kembali secara berjangka, atau penjualan tunai berjangka.

Dalam Fx swap dilakukan secara simultan dengan pihak yang sama dan pada tingkat harga yang dibuat dan disepakati pada tanggal transaksi dilakukan.

3. Fx Option adalah transaksi didasari suatu perjanjian yang meberikan hak (bukan kewajiban) kepada pembeli untuk membeli (call option) atau menjual (put option) suatu valas tertentu dengan harga tertentu pada tanggal berakhirnya perjanjian atau tanggal tertentu dalam periode perjanjian transaksi.

Transaksi fx option terdiri yakni transaksi call option adalah transaksi yang didasari suatu kontrak untuk memiliki hak dan bukan kewajiban untuk membeli valas dengan volume dan harga yang disepakati.

Selain itu, transaksi put option adalah transaksi yang didasari suatu kontrak untuk memiliki hak bukan kewajiban untuk menjual valas dengan jumlah dan harga tertentu yang telah disepakati.

4. Fx Futures adalah kontrak yang telah distandarisasi untuk membeli atau menjual valas pada harga yang ditentukan pasar (futures price).


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gonjang Ganjing Rupiah valas transaksi derivatif
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top