Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rupiah Melemah, Analis Bilang Ini Penyebabnya

Masih adanya kekhawatiran pasar akan kemungkinan dikuranginya stimulus oleh bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve, dinilai yang membuat posisi rupiah melemah pada hari ini (29/10/2013).
Linda Teti Silitonga
Linda Teti Silitonga - Bisnis.com 29 Oktober 2013  |  19:09 WIB
Rupiah Melemah, Analis Bilang Ini Penyebabnya
Ilustrasi - jibiphoto
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Masih adanya kekhawatiran pasar akan kemungkinan dikuranginya stimulus oleh bank sentral Amerika Serikat The Federal Reserve, dinilai yang membuat posisi rupiah melemah pada hari ini (29/10/2013).

Kepala Riset PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan kekhawatiran tersebut ternyata tetap ada, meski ada keyakinan The Fed belum akan mengurangi stimulusnya pada tahun ini.

Seperti diketahui The Fed menggelar rapat dua hari, mulai Selasa ini waktu setempat, dan putusan yang ditunggu terkait dengan kebijakan stimulus.

“Jelang rapat ternyata ada kekhawatiran, karena segala kemungkinan bisa terjadi. Tidak ada yang tahu apa yang dipikirkan The Fed,” kata Ariston saat dihubungi melalui telepon genggamnya hari ini, Selasa (29/10/2013).

Analis dan Periset PT Monex Investindo Futures Zulfirman Basir  mengatakan  jika stimulus tidak dikurangi, maka akan memberikan penguatan pada rupiah atas dolar AS.

Jika terjadi sebaliknya,  yaitu The Fed mengurangi stimulusnya, akan membuat likuiditas dolar di pasar akan berkurang dan  bisa mengakibatkan nilai tukar rupiah melemah.

“Market antisipasi Fed tidak akan mengurangi stimulus untuk tahun 2013,” kata Zulfirman.

Seperti diketahui dari data Bloomberg Dollar Index  hari ini (29/10/2013) nilai tukar rupiah atas dolar AS ditutup di angka Rp11.103 melemah 0,43% dibandingkan penutupan kemarin (28/10/2013) yang bertengger di level Rp11.055.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dolar menguat dampak pelemahan rupiah rupiah melamah
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top