Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saham di Negara Berkembang Naik, Harga di Mesir Melonjak

BISNIS.COM, LONDON - Saham pasar berkembang naik untuk pertama kalinya dalam 3 hari dengan saham Mesir melonjak terbesar dalam 1 tahun setelah tentara menggulingkan Presiden Mohamed Mursi.

BISNIS.COM, LONDON - Saham pasar berkembang naik untuk pertama kalinya dalam 3 hari dengan saham Mesir melonjak terbesar dalam 1 tahun setelah tentara menggulingkan Presiden Mohamed Mursi.

Mesir Financial & Industrial Co dan International Commercial Bank Egypt SAE memimpin kenaikan dengan Indeks EGX 30 naik 7,3%, lompatan terbesar sejak Juni 2012. CNOOC Ltd (883), eksplorer minyak lepas pantai terbesar China, naik 2,1% di Hong Kong akibat minyak diperdagangkan dalam 29 sen dari level tertinggi 14-bulan. OAO Rostelecom menuju 5 minggu tinggi di Moskow. Won menguat 0,5% terhadap dolar AS, kenaikan pertama dalam 3 hari.

MSCI Emerging Markets Index naik 0,6% menjadi 917,84 pada pukul 01.39 sore di London. Bank Sentral Eropa meninggalkan suku bunga tetap pada hari ini saat pertemuan kebijakan di Frankfurt. Laporan kemarin menunjukkan perusahaan-perusahaan AS mempekerjakan lebih banyak orang daripada prediksi ekonom bulan lalu dan klaim pengangguran turun.

Imbal hasil Mesir US$ 1 miliar 5,75% dari obligasi yang jatuh tempo pada April 2020 turun 144 basis poin, atau 1,44 poin persen  ke 9,331%.

"Aset pasar benar-benar terfokus pada pergerakan yield Treasury AS dan data AS," kata Simon Quijano-Evans, kepala penelitian pasar negara berkembang di Commerzbank AG di London, melalui e-mail, seperti dikutip Bloomberg, Kamis (4/7/2013).

"Hal ini akan menjadi volatile pada paruh kedua tahun ini untuk aset pasar berkembang dengan lebih banyak diferensiasi berdasarkan perkembangan politik dan keseimbangan pembayaran."

Telecom Memimpin

Sebanyak 21 negara berkembang mengirim sekitar 17% dari ekspor mereka ke Amerika Serikat, data yang dikumpulkan oleh World Trade Organization. Sembilan dari 10 kelompok industri dalam indeks MSCI negara berkembang meningkat, dipimpin oleh sektor jasa telekomunikasi dan perusahaan energi. Adapun indeks saham perusahaan kesehatan turun 0,3%.

Ekstra yield untuk utang pasar berkembang atas Treasuries AS turun dua basis poin, atau 0,02 persen poin, menjadi 331 basis poin, menurut JPMorgan Chase & Co 's EMBI global Diversifikasi Index.

Sementara itu, Egyptian Financial and Commercial International Bank Egypt melonjak 10% di Kairo, kenaikan terbesar kedua sejak 2008. Tentara akhir kemarin menggulingkan Mursi, dari Ikhwanul Muslimin. Menteri Pertahanan Abdelfatah Al-Seesi menyatakan pemilihan awal sebagai bagian dari kesepakatan antara politisi dan pemimpin agama.

Indeks Naik

Unjuk rasa itu didorong oleh penduduk yang sangat bersemangat dalam suasana perayaan setelah kepergian Mursi, kata Julian Bruce, kepala perdagangan institusional di EFG-Hermes di Dubai, dalam catatan kepada klien hari ini. "Kekhawatiran atas apa yang terjadi sekarang akan disisihkan untuk hari lain."

South Africa’s FTSE/JSE Africa All Share Index  naik 1,2%, kenaikan pertama dalam 3 hari. Indeks-indeks acuan di Hungaria, Polandia, dan Republik Ceko naik setidaknya 0,4%.

Gedeon Richter Nyrt., Produsen obat terbesar Hungaria, menambah  1,9%, terbesar sejak 7 Juni, karena spekulasi pemecahan yang direncanakan 10-1 dalam nilai nominal saham bulan ini akan melihat perusahaan kembali ke indeks MSCI Inc bagi negara itu.

Erste Bank Group AG, bank terbesar di Austria, meningkat 1,2% di Praha, kenaikan pertama dalam enam hari.

Para pejabat ECB meninggalkan suku bunga refinancing sebesar 0,5% setelah memangkasnya 0,25 poin pada Mei. Keputusan itu diperkirakan oleh 61 dari 62 ekonom dalam survei Bloomberg News. Acuan ini akan tetap pada tingkat saat ini atau lebih rendah untuk jangka waktu tertentu," kata Presiden ECB Mario Draghi.

Keuntungan Gabungan

"Pelaku pasar berharap peryataan mendukung dari ECB hari ini," Michael Ganske, kepala pasar negara berkembang di Rogge Mitra Global Plc di London, melalui e-mail. "Saya tidak akan menafsirkan peergerakan harga pasar berkembang sebagai rally, tetapi lebih konstruktif, seperti menjual pada Mei-Juni menciptakan nilai yang lebih baik dan sebagai poin masuk."

Indeks Micex Rusia naik 0,3%. OAO Rostelecom, merupakan operator telepon kabel terbesar Rusia, bertambah 3,4% di Moskow, naik untuk hari kelima, kemenangan beruntun terpanjang sejak 9 Januari.

Perusahaan ini sedang dalam pembicaraan untuk menjual sebagian saham treasury kepada Russian Direct Investment Fund yang didukung langsung Kremlin, juru bicara Kira Kiryukhina mengatakan pada 2 Juli.

Indeks MSCI telah kehilangan 13% tahun ini, dibandingkan dengan peningkatan 8% pada MSCI World Index saham negara berkembang. Indeks pasar bertumbuh senilai 9,6 kali 12 bulan estimasi pendapatan, dibandingkan dengan kelipatan 13,2 untuk Dunia MSCI, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Hang Seng

Indek Hang Seng (HSCEI), perusahaan daratan yang diperdagangkan di Hong Kong, naik 1,4%, dipimpin oleh keuntungan Zijin Mining Group Co, yang naik 11%. Indeks Kospi Korea Selatan naik 0,8%, sedangkan India S & P BSE Sensex naik 1,2%, mengakhiri retret 2 hari. Indeks SET Thailand turun 0,9%, setelah penurunan 1,4% kemarin.

Volume perdagangan di Taiwan, Malaysia dan Indonesia setidaknya 20% kurang dari rata-rata 30-hari, data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Rusia Micex diperdagangkan 56% di bawah rata-rata. Pasar AS ditutup hari ini untuk liburan Hari Kemerdekaan.

Shanghai Composite Index naik 0,6% terdorong reli produsen komoditas, perusahaan konsumen dan pengembang properti. PM Cina Li Keqiang mengatakan uang harus dialokasikan untuk mengubah struktur ekonomi agar lebih fokus pada konsumsi domestik, menurut Dewan Negara dalam sebuah pernyataan di situsnya kemarin.

Won menguat

Saham CNOOC melonjak terbesar sejak 28 Juni, mematahkan 2 hari penurunan sebelumnya. Minyak mentah West Texas Intermediate turun 0,4% di New York setelah naik 4,9% pada 3 hari sebelumnya akibat Adly Mansour, Hakim Agung Mahkamah Konstitusi Agung di Mesir, mewarisi pengelolaan bangsa yang pulih dari kelesuan ekonomi.  Stok di AS menyusut paling besar tahun ini, menurut Administrasi Informasi Energi.

Mata uang won melemah dalam 2 hari karena Korea Selatan akan mendorong kebijakan untuk menambah pekerjaan layanan industri, dan Goldman Sachs Group Inc menegaskan pandangannya bahwa mata uang ini akan menguat tahun ini. Rupee India menguat 0,2%, menghentikan penurunan 3 hari.

Hyundai Merchant Marine Co, pemegang saham terbesar di Hyundai Asan Corp, yang mengelola sebuah resor di komunis Korea Utara, melonjak 15%, terbesar dalam lebih dari 2 minggu di Seoul. Pejabat resmi kedua Korea dikembalikan membuka hubungan di desa perbatasan Panmunjom hari ini. Korea Utara mengatakan kemarin akan memungkinkan pengusaha Korea Selatan kembali bersama-sama menjalankan kompleks industri Gaeseong, yang telah ditutup sejak Utara menarik diri pekerja pada April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul-nonaktif
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper