Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekspor Susu Selandia Baru Bakal Melonjak di 2014

BISNIS.COM, WELLINGTON—Kementerian Industri Primer New Zealand mengatakan jumlah ekspor susu Selandia Baru akan rebound di tahun mendatang karena produksi melonjak dan harga naik.
Giras Pasopati
Giras Pasopati - Bisnis.com 10 Juni 2013  |  12:07 WIB

BISNIS.COM, WELLINGTON—Kementerian Industri Primer New Zealand mengatakan jumlah ekspor susu Selandia Baru akan rebound di tahun mendatang karena produksi melonjak dan harga naik.

Dalam perkiraan semi-tahunan yang diterbitkan Kementerian tersebut di Wellington menyatakan pendapatan ekspor susu akan tumbuh 8,1% menjadi NZ$ 13,9 miliar (US$11 miliar) pada tahun depan mulai Juni 2014, setelah turun 5,5% setahun sebelumnya.

Menurut pihak Kementerian, perkiraan penaikan muncul karena harga susu yang tinggi dan peningkatan produksi lebih besar dari nilai tukar yang diharapkan tinggi. 

Melihat lebih jauh untuk tahun yang berakhir 30 Juni 2017, pendapatan ekspor diperkirakan akan mencapai NZ$17,7 miliar sebagai akibat dari kenaikan produksi dalam negeri, meningkatkan harga susu internasional dan depresiasi dolar Selandia Baru.

Selandia Baru adalah eksportir terbesar produk susu di dunia. Sebelumnya, penjualan terpukul oleh nilai tukar yang lebih tinggi dan kekeringan musim panas yang mengurangi produksi susu sebesar 1,2% pada tahun berjalan. Jumlah produksi susu diperkirakan akan meningkat 4,5% pada 2013-2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

komoditas harga susu 2013

Sumber : Bloomberg

Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top