Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARGA MINYAK SAWIT: Menanjak setelah RI Pangkas Pajak Ekspor

BISNIS.COM, JAKARTA--Harga minyak kelapa sawit menanjak selama 4 hari di tengah spekulasi bahwa pengiriman dari Malaysia bisa turun. Hal itu terjadi setelah Indonesia, produsen terbesar di dunia, memotong pajak ekspor.
Ismail Fahmi
Ismail Fahmi - Bisnis.com 29 April 2013  |  18:37 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--Harga minyak kelapa sawit menanjak selama 4 hari di tengah spekulasi bahwa pengiriman dari Malaysia bisa turun. Hal itu terjadi setelah Indonesia, produsen terbesar di dunia, memotong pajak ekspor.

Nilai kontrak untuk pengiriman Juli turun sebanyak 1% menjadi 2.293 ringgit (US$757) per metrik ton di Bursa Malaysia Derivatives dan mengakhiri sesi pagi pada 2.296 ringgit di Kuala Lumpur. Nilai kontrak berjangka naik 0,9% pekan lalu, kemajuan pertama sejak 5 hari yang berakhir pada 22 Maret.

Bachrul Chairi, Dirjen Perdagangan Luar Negeri di Kementerian Perdagangan, mengatakan Indonesia memotong pajak ekspor minyak sawit mentah sampai 9% pada Mei dari 10,5% bulan ini. Sementara pajak ekspor Malaysia tidak berubah pada 4,5%.

Surveyor Societe Generale de Surveillance mengatakan ekspor dari Malaysia meningkat 2,7% menjadi 1,08 juta ton pada 25 hari pertama bulan ini dari periode yang sama pada bulan Maret.

Ker Chung Yang, seorang analis di Phillip Futures Pte. di Singapura  mengatakan Malaysia bisa saja kalah dalam hal pajak ekspor. Jumlah ekspor untuk beberapa bulan ke depan akan menjadi tidak terlalu mengesankan. “Cerita tentang stok yang tinggi akan menghantui kita lagi," katanya.

Menurut data Dewan Minyak Sawit Malaysia cadangan telah turun 17% menjadi 2,17 juta ton pada Maret dari rekor 2,63 juta ton di bulan Desember.

Harga minyak kedelai untuk pengiriman Juli naik 0,5% menjadi 49,78 sen per pon di Chicago Board of Trade, sedangkan kedelai naik 0,4% menjadi US$13,865 per bushel. (if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harga minyak sawit ri pangkas pajak ekspor dewan sawit malaysia

Sumber : Giras Pasopati

Editor : Ismail Fahmi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top