Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EMERGING MARKET: Menguat Lagi, Terdongkrak Efek Siprus

BISNIS.COM, LONDON--Bursa saham negara berkembang naik untuk pertama kali dalam 8 hari karena Eropa menimbang pilihan bailout Siprus dan Fed menyatakan akan tetap memertahankan kecepatan pembelian obligasi saat ini.Berdasarkan data Bloomberg, indeks

BISNIS.COM, LONDON--Bursa saham negara berkembang naik untuk pertama kali dalam 8 hari karena Eropa menimbang pilihan bailout Siprus dan Fed menyatakan akan tetap memertahankan kecepatan pembelian obligasi saat ini.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks MSCI Emerging Markets naik 0,1% ke level 1.026,35, naik dari level rendah 3 bulan. Investor berspekulasi bahwa bank Sentral Eropa akan terus mendukung bank Siprus sampai minggu depan setelah parlemen menolak rencana pengenaan pajak deposito bank.

Saham-saham sektor keuangan di bursa negara berkembang tercatat naik sedangkan saham-saham sektor teknologi tercatat melemah.

Saham VTB Group, bank terbesar kedua di Rusia yang memiliki unit Siprus, menguat dari level terendah dalam 3 bulan. Saham pemberi pinjaman Hungaria OTP Bank Nyrt juga tercatat melonjak.

Sementara itu, saham Mirae Asset Securities Co. turun hari ketiga di Seoul karena serangan cyber yang mematikan beberapa jaringan komputer.

Indeks Bovespa Brazil turun ke level terendah dalam 2 pekan karena turunnya utilitas Cia. Energetica de Minas Gerais.

Indeks Shanghai Composite China justru melonjak tertinggi di antara bursa ASia.

"Kepanikan mereda dan investor pindah kembali ke aset berisiko seperti bursa negara berkembang," kata Joseph Dayan, Kepala Pasar BCS Financial Group di London. (Bloomberg/if).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Achmad Aris
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper