Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BURSA EROPA: Stoxx 600 Menguat 1,1%

BISNIS.COM, ATHENS--Saham-saham Eropa pada penutupan perdagangan Kamis (14/3/2013) menguat ke level tertinggi dalam 4,5 tahun karena para pengambil kebijakan kawasan berkumpul selama 2 hari untuk pertemuan puncak di Brussels. Di sisi lain, sentimen penurunan

BISNIS.COM, ATHENS--Saham-saham Eropa pada penutupan perdagangan Kamis (14/3/2013) menguat ke level tertinggi dalam 4,5 tahun karena para pengambil kebijakan kawasan berkumpul selama 2 hari untuk pertemuan puncak di Brussels.

Di sisi lain, sentimen penurunan klaim pengangguran di AS ke level terendah dalam hampir 2 bulan juga turut mendorong pergerakan saham-saham di Eropa.

Berdasarkan data Bloomberg, indeks Stoxx Eropa 600 naik 1,1% ke level 298,52 pada penutupan perdagangan, level tertinggi sejak Juni 2008.

Indeks acuan itu telah naik 6,7% pada tahun ini karena data gaji AS dan ekspor China yang memerkuat keyakinan pada pemulihan ekonomi global.

Penguatan indeks Stoxx Eropa 600 ditopang oleh penaikan Assicurazioni Generali SpA, HeidelbergCement AG, dan Deutsche Lufthansa AG.

"Pasar sedang menggelinding lebih tinggi yang didorong oleh lebih baiknya data AS yang menolak headwinds fiskal," kata Witold Bahrke, Senior Analis PFA Pension A/S di Compenghagen.

"Di sisi lain, kecemasan terus berkembang terutama menyangkut perkembangan kawasan Eropa. Tidak ada seorangpun yang berharap konkrit dari pertemuan puncak tetapi ada potensi kejutan misalnya Siprus," tambahnya. (msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Achmad Aris
Editor : Others
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper