Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERINGKAT PEFINDO: Didukung Sumitomo Rating Oto Tetap idAA

BISNIS.COM,JAKARTA--PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAA untuk PT Oto Multiartha dan surat utangnya dengan prospek stabil.Analis Pefindo Hendro Utomo dan Titan R. Sjofjan mengatakan peringkat tersebut mencerminkan dukungan

BISNIS.COM,JAKARTA--PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat idAA untuk PT Oto Multiartha dan surat utangnya dengan prospek stabil.

Analis Pefindo Hendro Utomo dan Titan R. Sjofjan mengatakan peringkat tersebut mencerminkan dukungan yang kuat dari Sumitomo Corporation asal Jepang yang mana Grup Sumitomo mendapat peringkat A dari S&P.

"[Selain ini] posisi usaha perseroan yang kuat di segmen pembiayaan mobil bekas dan tingkat permodalan yang kuat," kata keduanya dalam rilis, Rabu (6/3/2013).

Namun demikian, sambung keduanya, peringkat tersebut dibatasi oleh tingkat persaingan yang ketat di segmen pembiayaan mobil baru.

Terkait dengan obligasi perseroan seri C 2010 senilai Rp575 miliar yang akan jatuh tempo pada 8 Juni 2013, Pefindo menilai perusahaan akan mampu memenuhi kewajibannya dengan menggunakan dana internal dan didukung dengan fasilitas kredit dari perbankan.

Per 31 Desember 2012 posisi kas dan setara kas perusahaan mencapai US$683 miliar.

Oto merupakan perusahaan pembiayaan mobil baru dan mobil bekas yang mana per 31 Desember 2012 perusahaan dimiliki oleh Sumitomo Corporation Jepang sebesar 83,54%, PT Sinar Mas Multiartha Tbk sebesar 16,14%, dan PT Summit Auto Group sebesar 0,32%.

Belakangan diketahui Sinar Mas Multiartha bakal melepas semua kepemilikan sahamnya di perseroan kepada Sumitomo Corporation. (bas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Achmad Aris
Editor : Others
Sumber : Achmad Aris
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper