Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat Jaringan 4G, XL Siapkan Capex Rp7 Triliun

PT XL Axiata Tbk (XL) tahun ini menyiapkan anggaran belanja modal (capex) Rp7 triliun untuk memperluas dan meningkatkan jaringan 4G salah satunya membangun 17.000 BTS 4G di beberapa wilayah.
XL Axiata/xl.co.id
XL Axiata/xl.co.id

Bisnis.com, SURABAYA – PT XL Axiata Tbk (XL) tahun ini menyiapkan anggaran belanja modal (capex) Rp7 triliun untuk memperluas dan meningkatkan jaringan 4G salah satunya membangun 17.000 BTS 4G di beberapa wilayah.

Sr. Advisor XL Center and Pospaid XL Axiata, Rashad Javier Sanchez mengatakan pada skala kota, XL Axiata mentargetkan akan mengembangkan terus layanan 4G ke lebih dari 330 kota di berbagai daerah, termasuk di luar Jawa.

“Saat ini, cakupan layanan 4G dari XL Axiata telah mencapai sekitar 53% populasi Indonesia,” katanya seperti dikutip dalam siaran pers, Jumat (7/4/2017).

Selain membangun BTS 4G, lanjut Rashad, XL juga memperluas layanan 4.5G di kota-kota sejalan dengan jumlah pelanggan 4G LTE yang terus meningkat melalui pengembangan 4.5G Xperience Zone.

“Program ini bertujuan untuk memberikan edukasi ke pelanggan tentang teknologi dan layanan lanjutan dari 4G LTE, sekaligus membentuk ekosistem pendukungnya termasuk dari sisi handset dan device yang mendukung teknologi ini,” jelasnya.

Dia menjelaskan, saat ini sudah terlihat indikasi yang menunjukkan masyarakat Indonesia akan segera membutuhkan 4.5G. Hal ini di tandai dengan pesatnya pertumbuhan pemakaian data khususnya 4G dan semakin meningkatnya jumlah pengguna smartphone di XL menjadi 63% pada 2016, naik dari 42% pada 2015.

“Konsumsi data per pelanggan juga meningkat pesat didorong oleh tumbuhnya layanan video streaming,” imbuhnya.

Adapun XL 4.5G Xperience Zone pada tahap awal tersedia di 20 lokasi yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Antara lain ada wilayah Jabotabek sebanyak 8 lokasi, juga di Bandung, Cirebon, Yogyakarta, dan Surabaya. Lalu di luar Jawa ada di Denpasar, Mataram, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Manado, dan Banjarmasin. Pengembangannya lebih lanjut akan mengikuti perluasan layanan 4G ke kota-kota besar lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Peni Widarti
Sumber : Bisnis Indonesia (07/04/2017)

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper