Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penaikan Fed Rate Makin Dekat, Pelaku Pasar Diminta Antisipasi

Sejumlah presiden regional Federal Reserve menghimbau para pelaku pasar di industri keuangan untuk mengantisipasi dampak dari rencana kenaikan Fed Rate yang kian mendekati kenyataan.
/Reuters
/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah presiden regional Federal Reserve menghimbau para pelaku pasar di industri keuangan untuk mengantisipasi dampak dari rencana kenaikan Fed Rate yang kian mendekati kenyataan.

Dilansir dari Bloomberg, Sabtu (28/5/2016), Presiden Regional Boston, Eric Rosengren dan Presiden Regional San Frascisco, John Williams mendesak para pelaku pasar untuk mengambil langkah yang lebih serius untuk mengantisipasi kemungkinan penaikan Fed Rate.

Yellen memang tidak memberikan sinyal yang jelas terkait dengan waktu penaikan Fed Rate. Namun, kemungkinan penaikan dilakukan pada Juni 2016 tercermin dari kenaikan federal funds futures contracts menjadi 34% dari 28% pada Jumat lalu.

Gubernur Federal Reserve, Janet Yellen sebelumnya menyatakan penaikan Fed Rate mungkin dilakukan dalam satu hingga dua bulan ke depan menyusul pemulihan ekonomi Amerika Serikat. Dia mengatakan, pasar tenaga kerja telah benar-benar membaik dalam beberapa tahun terakhir sejak angka pengangguran tertinggi tercatat 10% pada 2009 lalu.

Pada Mei 2016, tingkat pengangguran turun menjadi 4,9% dari sebelumnya 5%. Menurut Yellen, sebagian besar orang kini tidak lagi bekerja paruh waktu dan memilih bekerja penuh sesuai jam kerja.

Pernyataan Yellen ini juga telah mengikis keraguan pada pelaku pasar terhadap rencana penaikan Fed Rate. Roberto Perlu, partner di Cornerstone Macro LLC, mengatakan kendati belum ada pernyataan resmi, para investor kini tak lagi meragukan rencana penaikan Fed Rate akan berlangsung dalam waktu dekat. "Keraguan itu telah hilang," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper