Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Virus Monkeypox Masuk RI, RS Hermina (HEAL) Mulai Bersiap

PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) bersiap untuk menangani kasus cacar monyet atau Monkeypox (Mpox) yang terdeteksi di dalam negeri.
Partikel virus cacar monyet atau monkeypox./Istimewa
Partikel virus cacar monyet atau monkeypox./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) bersiap untuk menangani kasus cacar monyet atau Monkeypox (Mpox) yang terdeteksi di dalam negeri.

Meski begitu, Direktur Human Capital HEAL Susi Setyawati mengatakan sampai saat ini pihak Hermina belum menerima informasi terkini mengenai kasus Mpox.

Hal ini mengingat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sudah mengumumkan bahwa kasus Mpox sudah terdeteksi di Indonesia.

"Jadi tentunya sebagai rumah sakit kita harus siap emerging disease, dan kami siap untuk tata laksana pasien-pasien jika terjadi di rumah sakit kami," katanya, saat Public Expose, Kamis (29/8/2024).

Dia mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada kasus Mpox yang ditangani di rumah sakit Hermina di Indonesia.

"Memang tentunya kita mengikuti aturan pemerintah nantinya. Jadi bagaimana nanti tata laksananya," ucapnya menambahkan.

Lebih lanjut, dia mengatakan saat ini Hermina sudah menyiapkan tata laksana semua emerging disease seperti layaknya pada saat wabah Covid-19.

Adapun, untuk diketahui, berdasarkan data Kemenkes RI hingga 17 Agustus lalu, sebanyak 88 kasus Mpox ditemukan di Indonesia sejak 2022 sampai 2024 yang umumnya ditemukan pada orang dewasa.

Secara rinci, kasus tersebar di Jakarta sebanyak 59 kasus konfirmasi, Jawa Barat 13 kasus konfirmasi, Banten 9 konfirmasi, Jawa Timur 3 konfirmasi, Daerah Istimewa Yogyakarta 3 konfirmasi, dan Kepulauan Riau 1 konfirmasi. Adapun dari jumlah tersebut, sebanyak 87 kasus telah dinyatakan sembuh.

Kemenkes menyatakan bahwa Mpox ini dapat menular melalui kontak langsung dengan ruam bernanah di kulit, termasuk saat berhubungan seksual.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper