Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Langkah Agresif Erajaya (ERAA) Buka Gerai Anyar, Termasuk Bacha Coffee

PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) agresif melancarkan ekspansi gerai baru sepanjang semester I/2024, termasuk membuka gerai perdana Bacha Coffee dan Curry Up.
Karyawan beraktivitas di salah satu gerai Erafone milik Erajaya di Jakarta, Selasa (4/10/2022). Bisnis/Suselo Jati
Karyawan beraktivitas di salah satu gerai Erafone milik Erajaya di Jakarta, Selasa (4/10/2022). Bisnis/Suselo Jati

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten peritel, PT Erajaya Swasembada Tbk. (ERAA) agresif melancarkan ekspansi gerai baru sepanjang semester I/2024 sebagai strategi untuk meningkatkan kinerja perseroan di masa mendatang.

Hasan Aula, Wakil Direktur Utama Erajaya Swasembada, mengatakan perseroan menikmati hasil positif selama satu semester berkat sejumlah inisiatif untuk meningkatkan optimalisasi produktivitas gerai yang sudah dibuka dalam 2 tahun terakhir. 

Menurutnya, perseroan dalam 2-3 tahun terakhir terus mengembangkan portofolio bisnis dengan memperkenalkan merek ritel baru serta ekspansi jaringan gerai. Contohnya, dua merek ritel baru di bawah vertikal bisnis Erajaya Food & Nourishment, yakni Bacha Coffee dan Curry Up.

Bacha Coffee merupakan luxury coffee retail & restaurant dari Maroko dengan gerai pertama yang dibuka di Plaza Senayan, Jakarta. Sementara itu,  Curry Up adalah merek ritel lokal yang berfokus pada menu kari dengan gerai pertama berlokasi di ASHTA District 8, Jakarta.

“Dalam waktu yang sama, kami juga memastikan portofolio produk yang ditawarkan melalui jaringan gerai, khususnya handset dan aksesoris, bisa menjawab beragam kebutuhan gaya hidup dari pelanggan setia, termasuk juga memanfaatkan momentum seperti tahun ajaran baru sekolah,” paparnya dalam keterangan resmi, Kamis (1/8/2024). 

Di sisi ekspansi, ERAA melanjutkan pembukaan gerai baru sepanjang semester I/2024. Berdasarkan data perseroan, ERAA telah membuka 123 gerai baru dari target pembukaan 200 gerai sepanjang tahun ini. 

Alhasil, hingga 30 Juni 2024, Erajaya Group telah memiliki 2.113 gerai ritel yang beroperasi di Indonesia, Malaysia dan Singapura serta didukung oleh 78 pusat distribusi dan lebih dari 53.000 gerai ritel pihak ketiga. 

Untuk mendanai ekspansi itu, ERAA tercatat telah menyerap belanja modal Rp348 miliar sepanjang semester I/2024 atau lebih tinggi dari periode yang sama 2023 sebesar Rp472 miliar. 

“Belanja modal lebih banyak digunakan untuk keperluan perluasan jaringan ritel,” imbuhnya. 

Di sisi kinerja keuangan, Erajaya membukukan penjualan bersih sebesar Rp33,1 triliun atau naik 14,6% year-on-year (YoY) dari Rp28,9 triliun pada semester I/2023. 

“Segmen yang berkontribusi paling besar untuk angka penjualan bersih berasal dari telepon selular dan tablet sebesar 82%. Kontribusi tersebut diikuti oleh segmen aksesoris dan lainnya sebesar 12%, segmen komputer dan peralatan elektronik lainnya sebesar 4% serta segmen produk operator sebesar 2%. 

Adapun, laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk atau laba bersih ERAA ikut melambung dengan kenaikan 14,2% secara tahunan menjadi Rp523,6 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper