Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUPS Vale Indonesia (INCO) Bakal Ubah Komisaris-Direksi, Cek Susunannya Terkini

PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) akan melaksanakan (RUPST) dengan salah satu agenda ialah perubahan susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan.
Artha Adventy,Hafiyyan
Artha Adventy & Hafiyyan - Bisnis.com
Senin, 10 Juni 2024 | 11:07
Penandatanganan divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) disaksikan oleh  Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo.
Penandatanganan divestasi saham PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) disaksikan oleh  Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Kartika Wirjoatmodjo.

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten nikel PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin (10/6/2024). Salah satu agenda ialah perubahan susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan.

INCO menjadwalkan RUPST pada hari ini, Senin (10/6/2024) dengan lima mata acara. Lima agenda yang akan dibahas di antaranya persetujuan laporan tahunan, persetujuan penggunaan laba bersih, remunerasi, gaji, tunjangan dan bonus komisaris dan direksi, penunjukan akuntan publik, dan persetujuan susunan anggota direksi dan komisaris.

Sementara itu, berdasarkan hasil RUPST 2022 terakhir yang dilaksanakan pada 5 Mei 2023, pemegang saham INCO menyetujui penambahan Direksi Perseroan.

Pemegang saham INCO juga menyetujui pengangkatan Rudiantara kembali sebagai Komisaris Independen Perseroan untuk masa jabatan hingga 2026.

Berikut Susunan Direksi dan Komisaris Vale Indonesia (INCO) Terkini

Direksi Vale Indonesia (INCO)

  • Presiden Direktur: Febriany Eddy
  • Wakil Presiden Direktur: Adriansyah Chaniago
  • Direktur: Bernardus Irmanto
  • Direktur: Vinicius Mendes Ferreira
  • Direktur: Abu Ashar

Komisaris Vale Indonesia (INCO)

  • Presiden Komisaris: Emily Olson
  • Wakil Presiden Komisaris: Muhammad Rachmat Kaimuddin
  • Komisaris: Olga Kovalik
  • Komisaris: Fabio Ferraz
  • Komisaris: Farrah Carrim
  • Komisaris: Yusuke Niwa
  • Komisaris: M. Jasman Panjaitan
  • Komisaris Independen: Raden Sukhyar
  • Komisaris Independen: Rudiantara
  • Komisaris Independen: Dwia Aries Tina Pulubuhu

Dalam undangannya, manajemen INCO menyebutkan RUPST pada Senin (10/6/2024) akan memutuskan 5 agenda. Sejumlah 2 di antaranya ialah Persetujuan atas perubahan susunan anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan, dan Persetujuan atas penggunaan keuntungan Perseroan dan pertimbangan dividen untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023.

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, INCO membukukan pendapatan US$1,23 miliar atau setara Rp19,23 triliun (estimasi kurs Rp15.611). Perolehan ini naik 4,48% dibandingkan capaian 2022 (year-on-year/YoY) sebesar US$1,17 miliar.

Perseroan juga mencatatkan kenaikan beban pokok pendapatan sebesar 2,24% YoY dari US$865,88 juta menjadi US$885,24 juta. Kenaikan tersebut didorong oleh meningkatnya bahan bakar minyak dan pelumas dari US$180,16 juta ke US$203,89 juta.

Dengan demikian, laba bruto yang diakumulasikan INCO sepanjang 2023 mencapai US$347,02 juta. Capaian ini bertumbuh 10,67% YoY dari sebelumnya US$313,56 juta.

Setelah diakumulasikan dengan beban dan pendapatan lainnya, INCO meraih laba tahun berjalan yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar US$274,33 juta. Laba tersebut mengalami peningkatan 36,89% dibandingkan perolehan 2022.  

Sementara itu, INCO melaporkan capaian produksi nikel dalam matte 70.728 ton pada 2023. Volume itu meningkat dibandingkan dengan periode 2021-2022.

Setelah RUPST, Vale Indonesia juga berencana menyampaikan fokus bisnis 3 tahun mendatang, sekaligus strategi perusahaan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy & Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper