Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup Bakrie BRMS Rogoh Rp23,1 Triliun untuk Eksplorasi Kuartal I/2024

Bumi Resources Minerals merogoh kocek US$1,45 miliar untuk kegiatan eksplorasi yang dilakukan lima anak usahanya pada Januari-Maret 2024.
Suasana fasilitas pengolahan emas PT Citra Palu Minerals, anak usaha PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS), di Sulawesi./bumiresourcesminerals.com
Suasana fasilitas pengolahan emas PT Citra Palu Minerals, anak usaha PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS), di Sulawesi./bumiresourcesminerals.com

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten emas Grup Bakrie, PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS) melalui lima anak usahanya menggelontorkan dana sebesar US$1,45 miliar atau setara Rp23,1 triliun untuk kegiatan eksplorasi pada kuartal I/2024. 

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Minggu (7/4/2024), kelima anak usaha BRMS adalah PT Citra Palu Minerals, PT Dairi Prima Mineral, Gorontalo Minerals, PT Linge Mineral Resources, dan PT Suma Heksa Sinergi. 

Total, lima anak usaha BRMS menggelontorkan biaya eksplorasi US$1,45 miliar yang utamanya disumbangkan PT Suma Heksa Sinergi untuk eksplorasi di Cisadang Central. Bisnis.com telah mengonfirmasi terkait nilai tersebut, tetapi manajemen BRMS belum memberi tanggapan.

Anak Usaha BRMS Biaya Eksplorasi (US$)
PT Citra Palu Minerals 1.388.730,63
PT Dairi Prima Mineral 28.358,19
Gorontalo Minerals 193.660,97
PT Linge Mineral Resources 235.095
PT Suma Heksa Sinergi 1.452.763.489
Total 1.454.609.334

Selain di Cisadang Central, lokasi eksplorasi anak usaha BRMS tersebar di sejumlah wilayah, antara lain River Reef, Blok I Poboya (Sulawesi Tengah), Gorontalo, hingga Aceh.  

Terkait eksplorasi di Cisadang Central yang memakan biaya terbesar, manajemen BRMS menjelaskan pemetaan geologi di lokasi tersebut telah mencapai 85%. Adapun rekonstruksi inti pengeboran telah diselesaikan sebanyak 88 lubang bor dari total 205 lubang.

“Kemajuan aktivitas pengeboran geoteknik di Prospek Cisadang Central sejumlah 2 titik lubang bor sudah terealisasi dengan total kedalaman hingga saat ini mencapai 475 meter dari total 4 rencana titik lubang bor dengan target 800 meter,” tulis manajemen BRMS. 

Adapun, hambatan eksplorasi lanjutan dari Cisadang Central berkaitan dengan Perizinan Penggunaan Kawasan Hutan (PPKH) yang saat ini masih proses pengurusan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selain itu, hambatan lainnya adalah keberadaan lokasi Izin Usaha Tambang (IUP) PT Suma Heksa Energi yang berada di dekat area pemukiman masyarakat. 

Pada tahun ini, BRMS menargetkan produksi emas mencapai 35.000 troy ounce, atau lebih tinggi dibandingkan estimasi produksi 2023 yakni 25.000 troy ounce. Adapun average selling price (ASP) atau harga acuan rata-rata di atas US$2.000 per troy ounce.

Analis BRI Danareksa Sekuritas Hasan Barakwan mengatakan meningkatnya target produksi emas BRMS akan mendorong pendapatan perseroan. Hal itu seiring peningkatan harga emas di atas US$2.000 per troy ounce dibandingkan 2023 sebesar US$1.943 per troy ounce.  

“Kami mengharapkan peningkatan produksi emas bersama dengan peningkatan harga emas saat ini US$2.037 dibandingkan rata-rata 2023 US$1.943 per troy ounce akan meningkatkan pendapatan BRMS,” kata Hasan dalam risetnya. 

Dia menjelaskan bahwa produksi juga akan ditopang oleh peningkatan laju produksi pabrik keduanya pada 2024 menjadi 3.000 – 4.000 ton per hari. Selain itu, BRMS juga menemukan sumber daya mineral tambahan dan cadangan di Blok 1 Poboya. 

--

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper