Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jamaah Umroh Melonjak, Arsy Buana Travelindo (HAJJ) Raih Omzet Rp133 Miliar

Pendapatan Arsy Buana Travelindo (HAJJ) sampai dengan bulan Februari 2024 mencapai Rp133,1 miliar, melonjak 137%, seiring dengan peningkatan jamaah umroh.
Pengunjung mencari informasi paket perjalanan ibadah umrah pada pameran umrah haji se-Jawa Barat bertajuk Sapuhi Umroh Juara 2020 di Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/2/2020). Bisnis/Rachman
Pengunjung mencari informasi paket perjalanan ibadah umrah pada pameran umrah haji se-Jawa Barat bertajuk Sapuhi Umroh Juara 2020 di Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/2/2020). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - PT Arsy Buana Travelindo Tbk. (HAJJ), emiten yang bergerak dalam bidang fasilitator perjalanan haji dan umrah, mencatatkan peningkatan kinerja pada awal 2024 seiring dengan lonjakan jamaah umroh.

Saipul Bahri, Direktur Utama Arsy Buana Travelindo, menyampaikan HAJJ mampu meraih kinerja cemerlang selama periode kuartal I/2024 sebagai dampak langsung dari lonjakan jumlah jamaah umrah selama bulan Ramadan tahun ini (1445 Hijriah / 2024).

Menurut laporan dari Menteri Perhubungan dan Logistik Arab Saudi, sekitar lebih dari 5,4 juta penumpang datang dan berangkat melalui Bandara Jeddah dalam sebulan terakhir, yang menandai lonjakan lalu lintas penumpang selama bulan suci Ramadan.

"Adanya lonjakan jamaah ini secara langsung berkontribusi positif kepada kinerja perusahaan kami," ujar Saipul Bahri, mengutip siaran pers pada Rabu (27/3/2024).

Pendapatan HAJJ sampai dengan bulan Februari 2024 mencapai Rp133,1 miliar, melonjak 137% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya Rp56,1 miliar. Sementara itu, laba kotor HAJJ per Februari 2024 mencapai Rp16,1 miliar, naik dari Rp4,9 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya per Februari 2023.

Agung Prabowo, Direktur Keuangan HAJJ, menyampaikan dampak positif dari lonjakan jamaah umrah ini diperkirakanakan terus berjalan hingga Maret 2024. HAJJ sendiri menargetkan peningkatan pendapatan sebesar 52% dan laba kotor meningkat sebesar 48% per Maret 2024 jika dibandingkan dengan periode per Februari 2024.

"Kinerja positif ini kami harapkan akan terus berlanjut hingga bulan Maret 2024. Kami akan memanfaatkan momentum ibadah umrah di bulan suci Ramadan untuk terus meningkatkan nilai bagi pemegang saham dan jamaah," kata Agung Prabowo.

Sebelumnya, HAJJ juga bekerja sama dengan BPKH Limited di Kerajaan Arab Saudi melalui anak usaha perseroan di Arab Saudi, Arsy Buana Travelindo LLC.

Saipul Bahri mengatakan kerja sama Arsy Buana Travelindo LLC dan BPKH Limited menandai langkah penting perseroan dalam membangun ekosistem bisnis umrah dan haji di Indonesia maupun global.

Arsy Buana Travelindo LLC dan BPKH Limited, keduanya telah memiliki MISA License dari Kementerian Investasi Kerajaan Arab Saudi, memungkinkan mereka untuk secara mandiri masuk ke pasar lokal maupun global di Kerajaan Arab Saudi. Lisensi tersebut memungkinkan terciptanya sinergi yang semakin unggul bagi kedua perusahaan.

"BPKH Limited memilih anak usaha perseroan sebagai mitra strategis karena memiliki kompetensi dan pengalaman dalam pengelolaan bisnis akomodasi di tanah suci. Kami yakin bahwa sinergi antara keduanya akan membawa manfaat besar dan meningkatkan kualitas layanan bagi jamaah haji dan umrah," jelasnya dalam siaran pers, Rabu (20/2/2024).

Sebagai informasi, BPKH Limited merupakan entitas Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang bergerak di berbagai bidang usaha dalam ekosistem haji dan umroh.

BPKH Limited sekaligus berperan sebagai instrumen mitigasi risiko investasi BPKH di Arab Saudi untuk menciptakan portofolio yang optimal dengan tingkat risiko yang terkendali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper