Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arsy Buana (HAJJ) Bikin Anak Usaha di Arab Saudi, Pacu Bisnis Hotel dan Restoran

PT Arsy Buana Travelindo Tbk. (HAJJ) memasuki pasar lokal Arab Saudi melalui pendirian anak usaha Arsy Buana Travelindo LLC (ABT LLC).
Jamaah calon haji berusaha memegang pintu Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Selasa (13/6/2023). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Jamaah calon haji berusaha memegang pintu Ka’bah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Selasa (13/6/2023). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten biro perjalanan wisata religi, PT Arsy Buana Travelindo Tbk. (HAJJ) memasuki pasar lokal Arab Saudi melalui pendirian anak usaha Arsy Buana Travelindo LLC (ABT LLC).

Saipul Bahri, Direktur Utama HAJJ, menyampaikan Arsy Buana Travelindo LLC, yang sepenuhnya dimiliki HAJJ, telah memperoleh lisensi dari Kementerian Investasi Kerajaan Arab Saudi (MISA).

Keberhasilan ini diharapkan akan memperkuat posisi ABT LLC sebagai salah satu perusahaan publik pertama dari Indonesia yang memperoleh sertifikasi MISA di berbagai sektor, yakni diantaranya perhotelan, transportasi, logistik, akomodasi, restoran, kafe, kantin, penyedia konsumsi untuk layanan umrah dan haji.

Sebagai informasi, MISA memberikan lisensi kepada para perusahaan asing untuk beroperasi secara mandiri di pasar lokal Arab Saudi untuk melayani konsumen lokal dan global.

"Lisensi MISA ini adalah pencapaian yang positif bagi HAJJ, karena tidak mudah bagi perusahaan asing untuk memperolehnya. Ini diperoleh dari hubungan baik dan berkelanjutan yang telah dijalin sejak lama antara HAJJ dengan pihak kerajaan Arab Saudi,” kata Saipul dalam siaran pers, Rabu (17/1/2024).

Langkah strategis ini memberikan peluang baru bagi HAJJ untuk dapat mengeksplorasi berbagai segmen bisnis baru. Saipul menyampaikan rencana yang bisa dieksplorasi adalah pengelolaan hotel secara menyeluruh oleh anak usaha.

Hal itu berbeda yang sebelumnya telah dilakukan oleh HAJJ yaitu melalui skema allotment hotel, dimana skema bisnis baru ini memiliki potensi margin profitabilitas yang lebih tinggi.

Rencana bisnis lain yang dapat dieksplorasi adalah memasukkan merek restoran dan kafe Indonesia ke pasar lokal Arab Saudi melalui hotel yang dikelola HAJJ. Jamaah umrah dan haji Indonesia merupakan jamaah terbesar kedua di dunia sehingga inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman ibadah bagi para jamaah Tanah Air.

Jamaah Indonesia dapat merasa lebih dekat dengan rumah dengan adanya restoran dan kafe yang menyajikan masakan dengan cita rasa Indonesia.

"Dengan lisensi ini, memungkinkan kami dapat memasukkan berbagai merek restoran maupun kafe dari Indonesia, karena jamaah Indonesia sering rindu dengan cita rasa masakan Indonesia," ujar ujar Agung Prabowo, Direktur HAJJ.

Agung mengutarakan bahwa HAJJ terus berkomitmen untuk secara berkelanjutan memperluas dan meningkatkan layanan kepada para jamaah yang merupakan konsumen utama perseroan. Langkah ini tidak hanya akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan tetapi juga menciptakan peluang investasi yang menjanjikan dan mampu meningkatkan kinerja HAJJ kedepannya.

“Langkah ini merupakan bukti nyata komitmen HAJJ untuk terus tumbuh secara berkelanjutan dan meningkatkan nilai perusahaan kepada seluruh stakeholder,” imbuh Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper