Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspektasi Turunnya Suku Bunga AS Mengendur, Harga Emas Memudar

Harga emas dunia berisiko mencatat penurunan mingguan pertamanya dalam empat minggu karena investor menurunkan ekspektasi penurunan suku bunga AS
Karyawan menunjukan emas di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan menunjukan emas di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Harga emas dunia berisiko mencatat penurunan mingguan pertamanya dalam empat minggu karena investor menurunkan ekspektasi penurunan suku bunga AS setelah data selama seminggu menunjukkan tekanan harga yang menggelembung.

Harga emas di pasar spot sedikit berubah pada US$2,159.99 per ounce, pada 14:42. EDT (1842 GMT). Harga emas batangan kehilangan 0,8% pada minggu ini atau penurunan mingguan pertama sejak pertengahan Februari setelah mencapai rekor tertinggi US$2,194.99 pada minggu lalu.

Data minggu ini menunjukkan harga konsumen AS meningkat di atas ekspektasi pada bulan Februari dan harga produsen juga menunjukkan inflasi.

“Emas telah memperhitungkan dorongan positif yang akan diperolehnya dari ekspektasi penurunan suku bunga. Jika inflasi mulai naik lagi, itu berarti para pembuat kebijakan harus mempertahankan kebijakan moneter yang lebih ketat untuk jangka waktu yang lebih lama,” kata Everett Millman, kepala analis pasar di Gainesville Coins.

“Meski emas tidak terlalu menyukai lingkungan suku bunga tinggi, jika alasan suku bunga tetap tinggi adalah karena inflasi yang semakin panas. Maka secara alami berarti masyarakat akan kembali beralih ke emas,” tambah Millman.

Inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan mempertahankan tekanan pada The Fed untuk mempertahankan suku bunga tetap tinggi, sehingga membebani emas. Logam mulia yang tidak memberikan imbal hasil juga digunakan sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

Pedagang terus bertaruh pada penurunan suku bunga di bulan Juni, meskipun peluang pelonggaran suku bunga di bulan Juni terlihat sebesar 59%, dibandingkan dengan 72% sebelum data CPI, CME FedWatch Tool.

Indeks dolar AS (.DXY) menuju kenaikan mingguan terbesar sejak pertengahan Januari, membuat emas lebih mahal bagi pembeli di luar negeri.

“Kami meningkatkan perkiraan harga emas rata-rata untuk tahun 2024 dari US$2,090/toz menjadi US$2,180/toz, menargetkan pergerakan ke US$2,300/toz pada akhir tahun,” tulis Goldman Sachs dalam sebuah catatan.

Platinum spot naik 1,5% menjadi US$940,95 per ounce, paladium naik 1,2% menjadi US$1,082.61, sementara perak naik 1,7% pada US$25,25.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Pandu Gumilar
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper