Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkom (TLKM) Alihkan Bisnis Data Center di Singapura Rp3,44 Triliun

PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) menyelesaikan transaksi pengalihan data center milik Telin SG kepada NDSG senilai US$219 juta atau setara Rp3,44 triliun
Hyperscale Data Center NeutraDC menggunakan energi terbarukan untuk operasional office data center di Cikarang/Dok. Istimewa
Hyperscale Data Center NeutraDC menggunakan energi terbarukan untuk operasional office data center di Cikarang/Dok. Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) menyelesaikan transaksi pengalihan data center milik Telin SG kepada NDSG senilai US$219 juta atau setara Rp3,44 triliun (kurs jisdor Rp15.723). 

VP Investor Relation Telkom Indonesia Anetta Hasan menjelaskan transaksi tersebut merupakan transaksi pengalihan bisnis data center milik Telekomunikasi Indonesia International Pte. Ltd. (TelinSG) kepada NeutraDC Singapore Pte. Ltd. (NDSG). Transaksi terjadi pada 29 Februari 2024. 

“Pada tanggal 29 Februari 2024, telah diselesaikan transaksi pengalihan bisnis data center milik TelinSG kepada NDSG senilai US$219 juta,” tulis Anetta dalam keterangan resmi, dikutip Senin (4/3/2024). 

Transaksi tersebut terjadi dalam rangka konsolidasi bisnis data center TLKM yang berada di regional Singapura di bawah satu entitas yakni PT Telkom Data Ekosistem (TDE) sebagai vehicle bisnis data center TLKM. Sebagai informasi NDSG merupakan 100% milik TDE. 

Anetta mengklaim transaksi ini dilakukan untuk memperkuat bisnis data center yang dimiliki oleh TDE, sehingga TDE dapat menjadi market leader untuk bisnis data center di Indonesia maupun regional. Selain itu, transaksi ini juga mendukung rencana unlocking bisnis data center TLKM ke depannya yang diharapkan dapat memberikan nilai yang paling optimal. 

Pada pemberitaan Bisnis sebelumnya, TLKM menilai permintaan akan layanan pusat data diperkirakan akan meningkat pada tahun 2030, karena semakin banyaknya perusahaan baru yang muncul, transformasi bisnis menjadi lebih digital, dan adopsi layanan komputasi awan yang lebih luas. 

Telkom melalui NeutraDC ingin memanfaatkan peluang itu dengan mengamankan pangsa pasar di tingkat regional. Untuk mencapai tujuan tersebut, Telkom telah merencanakan untuk meningkatkan kapasitas pusat data hingga 400 MW pada tahun 2030.

Adapun pada saat ini, Telkom telah memiliki 30 fasilitas data center yang terdiri dari 25 data center domestik & 5 data center luar negeri. Kemudian, TLKM juga berkomitmen menambah okupansi di Campus 1 dan percepatan penyiapan 2 HDC Cikarang, HDC Batam, dan ekspansi ke region lain melalui partnership dengan global player. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper