Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tambah Portofolio Data Center, DCII Gunakan AI di E1

PT DCI Indonesia Tbk. (DCI) menggunakan artificial intelligence pada pusat data Tier IV terbarunya, E1, yang telah beroperasi penuh.
Presiden Direktur PT DCI Indonesia Tbk. (DCII) Otto Toto Sugiri ditemui di Jakarta, Kamis (27/1/2023). Bisnis/Annisa Kurniasari Saumi.
Presiden Direktur PT DCI Indonesia Tbk. (DCII) Otto Toto Sugiri ditemui di Jakarta, Kamis (27/1/2023). Bisnis/Annisa Kurniasari Saumi.

Bisnis.com, JAKARTA - PT DCI Indonesia Tbk. (DCI) menggunakan artificial intelligence pada pusat data Tier IV terbarunya, E1, yang telah beroperasi penuh.

Terletak di jantung kota Jakarta, di Ariobimo Sentral, Kuningan, E1 dirancang untuk melayani berbagai kebutuhan sektor-sektor vital negara, termasuk perbankan, telekomunikasi, manufaktur, serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menandakan era baru dalam penyediaan layanan infrastruktur data yang andal dan canggih.

Sejak diresmikan operasinya pada Desember 2023, E1 telah berhasil menarik pelanggan dari berbagai sektor penting, berkat lokasinya yang strategis dan penyediaan solusi infrastruktur yang inovatif.

Presiden Direktur Bank Jtrust Indonesia Ritsuo Fukadai menegaskan kepercayaannya padai kualitas layanan DCI.

"Kami memilih E1 karena DCI menawarkan kualitas layanan dan sertifikasi terbaik. Kami senang bahwa pusat data kami di E1 sudah beroperasi," ujar Fukadai.

E1 memiliki kapasitas total mencapai 18 Megawatt IT load, fasilitas ini dirancang untuk memenuhi dan melampaui standar Tier IV, yang merupakan kategori tertinggi dalam sistem klasifikasi pusat data. DCII menjamin operasional dengan backup penuh pada semua peralatan, didukung oleh sistem otomasi dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) untuk efisiensi dan keandalan maksimal.

Keberadaan E1 di pusat kota menawarkan keuntungan latensi rendah bagi pelanggan, memastikan bahwa mereka dapat menikmati akses cepat dan responsif ke data dan aplikasi mereka, suatu kebutuhan yang kritikal untuk sektor finansial, cloud, e-commerce, serta content delivery network (CDN).

Head of Technical Solution PT iForte Solusi Infotek, Gunawan Raharjo mengatakan peluncuran dan operasional layanan di E1 berjalan dengan lancar. “Bisnis connectivity kami sudah aktif melayani pelanggan di E1 sejak Januari 2024,” katanya.

Komentar ini menekankan pada kelancaran dan kualitas layanan yang disediakan oleh E1, memungkinkan pelanggan untuk mengoptimalkan operasional bisnis mereka melalui konektivitas yang unggul.

Dengan prediksi oleh Structure Research tentang pertumbuhan pasar pusat data edge-hyperscale yang akan melebihi 35% per tahun, didorong oleh inovasi dalam IoT (Internet of Things), 5G, dan AI, DCI menempatkan dirinya sebagai pemain kunci dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur digital yang berkembang pesat di Indonesia.

DCI, yang telah membangun reputasi kuat selama lebih dari sepuluh tahun dengan rekam jejak power uptime 100% sejak awal operasi pada tahun 2013, terus berkomitmen pada pembangunan pusat data yang berkelanjutan. Dengan lebih dari 60 penyedia layanan jaringan yang mendukung dan lokasi strategis lainnya di Cibitung, Karawang, dan Jakarta, DCI tidak hanya memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar di Indonesia tetapi juga secara aktif mendukung pertumbuhan dan transformasi ekonomi digital di negara ini. (Joyceline Munthe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper