Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perkuat Literasi Keuangan, BEI dan SF Sekuritas Buka GIBEI Unsika di Karawang

BEI bekerja sama dengan PT Surya Fajar Sekuritas (SF Sekuritas) serta Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) membuka secara resmi Galeri Investasi BEI.
Perkuat Literasi Keuangan, BEI dan SF Sekuritas Buka GIBEI Unsika di Karawang/Bisnis
Perkuat Literasi Keuangan, BEI dan SF Sekuritas Buka GIBEI Unsika di Karawang/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Efek Indonesia (BEI) bekerja sama dengan PT Surya Fajar Sekuritas (SF Sekuritas) serta Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) membuka secara resmi Galeri Investasi BEI (GIBEI) Unsika, Kamis (29/2/2024) di Karawang, Jawa Barat.

Hal ini adalah langkah nyata untuk memperkuat literasi dan inklusi keuangan di kalangan kampus Unsika, masyarakat Karawang, hingga Jawa Barat.

Tampak hadir pada acara tersebut PLH Sekda Kabupaten Karawang Eka Sanatha, Pengawas Senior Deputi Direktur LJK 5 OJK Provinsi Jawa Barat Tjandra Nyata Kusuma, Kepala Divisi Pengembangan Pasar Bursa Efek Indonesia Dedy Priadi, Rektor Unsika Ade Maman Suherman serta Direktur Utama PT Surya Fajar Sekuritas Steffen Fang.

Diresmikannya GIBEI Unsika pada hari ini juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo tentang pentingnya inklusi dan literasi keuangan yang diungkapkannya dalam acara Pertemuan Industri Jasa Keuangan bersama OJK, 20 Februari 2024 lalu. Presiden Jokowi menyebut bahwa setiap pihak terkait perlu mendorong agar inklusi dan literasi keuangan terus menjadi salah satu prioritas untuk diperkuat dalam menjaga kesehatan industri keuangan. “Di catatan saya di sini, tingkat inklusi keuangan kita di angka 75%, dan tingkat literasi keuangan kita masih di angka 65% pada 2023,” ucapnya dalam forum tersebut. 

Direktur Utama SF Sekuritas Steffen Fang memaparkan bahwa hadirnya Galeri Investasi ini diharapkan mampu menjadi sarana edukasi, literasi, serta inklusi keuangan untuk para anak-anak muda, yaitu mahasiswa Unsika, serta masyarakat Karawang dan Jawa Barat.

 

“Karawang saat ini telah menjadi kawasan industri yang penting bagi perekonomian Indonesia. Perubahan menjadi kawasan industri juga telah mengangkat perekonomian Karawang di mana UMK Kabupaten Karawang merupakan yang tertinggi kedua di Indonesia. Hal ini adalah tantangan bagi warga Karawang untuk terbuka dalam hal investasi supaya dapat tetap menikmati kemerdekaan finansial di tanah industri ini. Dalam hal ini, Universitas Singaperbangsa haruslah menjadi garda terdepan untuk memajukan Karawang dalam hal investasi,” papar Steffen.

 

“Kami Surya Fajar Sekuritas siap untuk menjadi mitra Galeri Investasi BEI UNSIKA. Kami telah memiliki pengalaman edukasi investasi termasuk memiliki platform investasi terintegrasi yang bisa memudahkan bukan hanya mahasiswa tetapi juga warga Karawang dalam mempelajari investasi,” pungkas Steffen.

Sementara itu Kepala Divisi Pengembangan Pasar Bursa Efek Indonesia Dedy Priadi mengatakan dengan adanya Galeri Investasi mudah-mudahan menjadi suatu penggerak, bukan hanya dari sisi investasi tetapi juga dari sisi ilmu pengetahuan keuangan. Karena Galeri Investasi bukan hanya tempat untuk melakukan transaksi, tetapi juga melakukan penelitian dan menerapkan ilmu-ilmu sudah didapatkan.

“Tanpa dukungan semua, Galeri Investasi hanya sebatas tempat dan lokasi yang tidak tepat sasaran. Jadi dengan dukungan dan program yang menarik, galeri ini bisa menjadi mesin penggerak bagi peningkatan literasi investasi di kota Karawang,” tutur Dedy.

Lebih lanjut Pembina GIBEI Unsika Gusganda menerangkan dengan berdirinya GIBEI Unsika, diharapkan tidak hanya mencari investasi yang besar saja, tetapi juga benar-benar mengedukasi masyarakat. “Kita juga memiliki mitra yang luar biasa, PT Surya Fajar Sekuritas yang memberikan support kepada GIBEI. Ke depannya kami akan terus berpartisipasi membangun investasi, bukan hanya di kalangan Mahasiswa Unsika, namun juga masyarakat Karawang dalam membangun perekonomian," jelasnya.

Adanya GIBEI Unsika ini melengkapi beberapa Galeri Investasi lain yang juga didukung oleh SF Sekuritas, yaitu GID BEI SIDDHI (Perkumpulan Sarjana dan Profesional Buddhis Indonesia) serta GID BEI Rumah BUMN Denpasar.

Program SOLUSI Pasar Modal

SF Sekuritas sendiri hingga saat ini masih terus fokus mengembangkan program edukasi yang bernama SOLUSI Pasar Modal yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul di bidang keuangan dan pasar modal. Selain itu ada juga punya Program SOLUSI Entrepreneur. Tujuannya adalah menciptakan para enterprenuer yang siap menghadapi tantangan di masa depan, termasuk dalam hal menemukan ide bisnis sampai mencari pendanaan. SOLUSI sendiri adalah akronim dari Sistem-Kolaborasi-Literasi-Edukasi-Inklusi dan Inkubasi. 

 

Program SOLUSI Pasar Modal dan Entrepreneur dilakukan secara hybrid, kombinasi antara pelatihan tatap muka langsung atau offline dan penggunaan system LMS (Learning Management System) serta zoom secara online. Program SOLUSI Pasar Modal juga menghadirkan Kompetisi Analisis Saham dan Kompetisi Trading Saham di mana pemenangnya akan mendapatkan kesempatan magang di PT Surya Fajar Sekuritas, PT Surya Fajar Capital Tbk dan group usaha, atau menjadi seorang Portfolio Consultant yang tergabung dalam komunitas Investor Incubator.

 

Dengan adanya kesempatan magang yang terbuka, dengan ini SF Sekuritas juga turut ambil bagian dari program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk mempersempit kesenjangan kesiapan bekerja antara Dunia Pendidikan dengan Dunia Industri. Dengan demikian ini juga menjadi kesempatan bagi peserta magang untuk mendapatkan peluang karier di pasar modal.

 

Melalui program edukasi ini, generasi muda Indonesia diharapkan mampu memahami pasar modal, bisa berinvestasi dengan tepat, terhindar dari jebakan investasi bodong, serta meraih keuntungan finansial demi masa depan yang lebih baik.

 

Lewat Program SOLUSI Pasar Modal, SF Sekuritas hadir untuk mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda agar lebih memahami investasi di pasar modal, sekaligus upaya dalam memberikan kontribusi untuk kemajuan pasar modal Indonesia.

 

Sebelumnya pada Desember 2022, SF Sekuritas telah meluncurkan aplikasi SFAST, Smart App Untuk Investasi. SFAST adalah aplikasi pintar yang memudahkan siapa pun termasuk Millenial dan Gen-Z untuk berinvestasi saham dan reksadana dengan aman, kapan pun, di mana pun, dalam satu genggaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper