Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pabrik Air Minum CLEO di IKN Resmi Beroperasi, Investasi Rp600 Miliar

Produsen air minum merek CLEO menggelontorkan investasi masing-masing Rp300 miliar pada 2023 dan 2024, di antaranya untuk membangun pabrik di IKN.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.
Titik Nol IKN - Humas Setkab/Oji.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sariguna Primatirta Tbk. (CLEO) atau Tanobel, resmi mengoperasikan pabrik air minum Cleo di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara pada akhir 2023, menunjukkan keseriusan perusahaan tersebut dalam menggarap potensi pasar di wilayah IKN maupun secara nasional.

Dikutip dari unggahan Tancorp Group, yakni holding perusahaan milik keluarga Tanoko, PT Sariguna Primatirta Tbk. selaku produsen air minum dalam kemasan (AMDK) resmi mengoperasikan pabrik Cleo di wilayah IKN.

Pabrik air minum CLEO itu berlokasi di Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara atau berada di sisi utara Balikpapan dan sisi timur IKN. Lokasi pabrik berjarak sekitar 40 menit dari Titik Nol IKN.

"Ini merupakan langkah strategis perseroan untuk meratakan supply chain distribusi di luar wilayah Pulau Jawa sehingga dapat mempercepat pertumbuhan CLEO di seluruh Nusantara," dikutip dari unggahan akun Instagram Tancorp pada Senin (25/12/2023).

Tanobel telah menggelontorkan belanja modal (capital expenditur/capex) senilai Rp300 miliar pada 2023 untuk pembangunan pabrik baru Cleo di IKN. Perusahaan pun melakukan pengembangan pabrik, penambahan mesin, hingga penguatan jaringan distribusi melalui investasi itu.

Pada 2024 pun Tanobel akan kembali menggelontorkan capex Rp300 miliar, yakni untuk penambahan pabrik baru, pengembangan pabrik eksisting, penambahan mesin untuk meningkatkan kapasitas produksi dan otomasi, hingga perluasan jaringan distribusi.

Pada awal 2024 Tanobel selaku produsen air minum merek Cleo akan memiliki 32 pabrik. CLEO pun mengklaim bahwa pihaknya merupakan produsen AMDK dengan pabrik terbanyak di Indonesia.

Bahkan, sepanjang 2024 pun Tanobel berencana membangun 3 pabrik baru di Palu, Sulawesi Tengah; Pontianak, Kalimantan Barat; dan Pekanbaru, Riau.

Sebelumnya, Direktur Utama CLEO Melisa Patricia Tanoko mengatakan setiap tahun CLEO menargetkan pertumbuhan pertumbuhan double digit di atas rata-rata industri, dari top hingga bottom line, tak terkecuali pada 2024.

"Secara keseluruhan, CLEO melihat industri air minum nasional terus bertumbuh setiap tahunnya. Bisnis CLEO semakin prospektif dan optimis mencapai target pertumbuhan, terutama karena kegiatan masyarakat mulai normal dan semakin banyak kegiatan di luar ruangan," ujar Melisa Tanoko menjawab pertanyaan Bisnis, Sabtu (18/11/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper