Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Disebut Gibran dalam Debat Cawapres, Ini Jajaran Konglomerat Investasi di IKN

Sejumlah Konglomerat terdaftar sebagai investor pada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara seperti yang diungkap Gibran Rakabuming dalam debat cawapres.
Gibran dan Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024, 22 Desember 2023/tangkapan layar Youtube/Novita Sari Simamora
Gibran dan Mahfud MD dalam Debat Cawapres 2024, 22 Desember 2023/tangkapan layar Youtube/Novita Sari Simamora

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah Grup Konglomerat terdaftar sebagai investor pada pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara seperti yang diungkapkan dalam debat cawapres oleh Gibran Rakabuming. Baik melalui konsorsium maupun mandiri seperti Agung Sedayu Grup, Mayapada Grup hingga Salim Grup. 

Investasi di IKN menjadi salah satu hal yang dibahas dalam Debat Cawapres 2024. Pada kesempatan tersebut, Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD menantang Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka untuk menyebutkan investor yang sudah masuk ke IKN. Mahfud mengatakan belum ada satupun investor yang telah berinvestasi di IKN.

“Sejauh yang kita baca sampai sekarang belum ada satupun investor yang masuk ke sana,” tanya Mahfud dalam debat cawapres, Jumat (22/12/2023).

Gibran mematahkan pernyataan Mahfud dengan menyebutkan beberapa perusahaan konglomerat seperti Agung Sedayu dan Mayapada Grup yang telah masuk berinvestasi dalam pembangunan IKN.

Konsorsium Nusantara yang terdiri dari Agung Sedayu Grup dan beberapa grup konglomerat lainnya telah mengumumkan nilai investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebesar Rp40 Triliun. Selain itu, pada groundbreaking tahap kedua Mayapada Grup Milik Dato Sri Tahir dan Pakuwon Grup masuk dalam jajaran investor IKN. 

Konsorsium yang dipimpin oleh Sugianto Kusuma atau Aguan terdiri dari beberapa anggota, di antaranya Salim Grup milik Anthony Salim, Sinarmas milik Franky Wijaya, Pulauintan milik Pui Sudarto dan Djarum milik Budi Hartono.  

Kemudian anggota yang lain yaitu Wings Group milik Wiliam Katuari, Adaro milik TP Rahmat dan Garibaldy ‘Boy Thohir’, Barito Pacific milik Prajogo Pangestu, Mulia Group milik Eka Tjandranegara, hingga Astra Group milik Soeryadjaya. 

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN)  Agung Wicaksono menyatakan bahwa kelak konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) akan mendirikan berbagai fasilitas mixed-use, termasuk mal dan perkantoran. Berdasarkan informasi yang disampaikan konsorsium, nilai investasi proyek ini diperkirakan mencapai Rp40 triliun. 

Selanjutnya, Agung secara rinci mengungkapkan bahwa investasi dari konsorsium ASG yang diperoleh pada groundbreaking tahap I ini juga akan mencakup dukungan ke proyek kebun raya atau botanical garden di wilayah IKN.

Sebagai informasi, Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) meraih total realisasi komitmen peminatan investasi mencapai Rp41,4 triliun selama tiga rangkaian peletakan batu pertama (groundbreaking) tahap 1 hingga tahap 3. 

OIKN telah mengantongi 330 Letter of Intention (LOI) atau surat peminatan investasi dengan sekitar 55 persen merupakan investor domestik yang fokus dalam pembangunan sektor sumbu kebangsaan. Saat ini, Singapura, Jepang, Tiongkok, dan Malaysia menjadi 4 negara terbanyak yang mengirimkan LOI.

Adapun Nilai investasi IKN dalam groundbreaking tahap 1 pada 21-22 September 2023 sebesar Rp23 triliun yang terdiri dari 10 perusahaan dalam Konsorsium Nusantara. 

Kemudian, OIKN menggelar groundbreaking Tahap 2 pada 1-2 November 2023 dengan nilai investasi Rp 13,1 triliun. Groundbreaking tahap ini dilakukan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Mayapada Hospital milik Dato Sri Tahir, Pakuwon Grup milik Alexander Tedja, JIS, Hermina, Bank Indonesia, BPJS Ketenagakerjaan, dan PLN Indonesia. 

Sementara itu, pada 20 Desember 2023, Joko Widodo melakukan sejumlah groundbreaking di Ibu Kota Nusantara di antaranya Pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat Ibu Kota Nusantara (RSUP IKN), lalu pembangunan Nusantara Superblock di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur (Kaltim). Investasi pada Nusantara Superblock ini mencapai Rp3 triliun.

"Saya sangat senang karena ada investor dari Kaltim, investor dari Balikpapan yang ikut berperan dalam pembangunan ibu kota Nusantara dan investasinya besar Rp3 triliun," ujar Presiden Jokowi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper