Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

XL Axiata (EXCL) Buka Suara Soal Merger dengan FREN di Harga Murah

XL Axiata (EXCL) menanggapi kabar yang menyatakan pihaknya telah bersepakat untuk melakukan merger dengan Smartfren Telecom (FREN).
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata./Bisnis-Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata./Bisnis-Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) menanggapi kabar yang menyatakan telah bersepakat melakukan penggabungan usaha atau merger dengan PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN). Kabar tersebut mengatakan EXCL akan membeli saham FREN di bawah harga Rp50.

Corporate Secretary EXCL Ranty Astari Rachman mengatakan sampai penjelasan ini disampaikan, tidak terdapat aksi korporasi terkait dengan rencana merger yang dilakukan oleh EXCL dan FREN.

"Dalam melaksanakan setiap rencana transaksi atau aksi korporasi, EXCL akan senantiasa memperhatikan dan memenuhi kewajiban-kewajiban yang perlu dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, termasuk di antaranya ketentuan di bidang pasar modal," kata Ranty dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (10/11/2023).

Menurut Ranty, sampai saat ini tidak ada kejadian material yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup EXCL, serta dapat mempengaruhi harga saham EXCL.

Sebelumnya, Presiden Direktur Smartfren Telecom Merza Fachys juga telah merespons kabar yang menyatakan FREN dan EXCL telah bersepakat untuk merger.

Merza menuturkan hingga saat ini manajemen belum mengetahui sejauh apa proses diskusi yang tengah berlangsung terkait dengan merger tersebut. Dia juga belum bisa memastikan pada harga berapa kesepakatan merger tersebut akan terjadi.

"Kami tidak tahu. Saya baca juga kabarnya, tapi belum dapat konfirmasi apa-apa [dari pemegang saham]," kata Merza ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Merza melanjutkan, pembicaraan mengenai merger bukan merupakan urusan pihaknya di manajemen. Menurutnya, pembicaraan tersebut merupakan ranah pemegang saham, dalam hal ini Grup Sinarmas dan Grup Axiata.

Lebih lanjut, Merza menuturkan merger merupakan salah satu langkah yang positif bagi FREN. Dia berharap merger tersebut dapat terjadi dengan baik.

"Kami tentu mengharapkan ada solusi yang lebih baik dengan merger. Merger menjadi solusi yang baik bagi kinerja kami," ucap Merza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper