Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiga Founder GOTO Mau Jual Saham, Patrick Walujo Pentingkan Profitabilitas

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menyebutkan rencana tiga orang founder melepas sahamnya. Patrick Walujo menganggap yang terpenting adalah profitabilitas.
CEO GOTO Group, Patrick Walujo dalam acara peluncuran aplikasi Gopay di Jakarta, Rabu (26/7/2023) - Youtube Gopay.
CEO GOTO Group, Patrick Walujo dalam acara peluncuran aplikasi Gopay di Jakarta, Rabu (26/7/2023) - Youtube Gopay.

Bisnis.com, JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menyebutkan rencana tiga orang pendiri perusahaan melepas sebagian kecil kepemilikannya. Patrick Walujo menganggap yang terpenting bagi perseroan adalah mencapai profitabilitas.

Adapun tiga pendiri perusahaan yang dalam rencana melepas saham adalah Andre Soelistyo mantan Direktur Utama GOTO, founder Tokopedia William Tanuwijaya, dan co-founder GOTO Kevin Aluwi. Sementara, Melissa Siska Juminto, presiden bisnis unit e-commerce Tokopedia, tetap konsisten untuk mendekap kepemilikan saham perusahaan.

Sementara itu, investor awal sekaligus Direktur Utama GOTO saat ini Patrick Walujo justru melakukan akumulasi saham atas nama pribadinya ketika harga saham sedang all time low.

Patrcik juga mengeluarkan dana Rp10 miliar ketika saham GOTO mengalami penurunan sesudah William mengumumkan penjualan saham di pasar. Manuver itu menunjukkan Patrick optimistis terhadap prospek bisnis GOTO dan profitabilitas perusahaan kepada publik.

Adapun Patrick Walujo memberikan penjelasan soal keputusan para founder GOTO lainnya untuk melepas kepemilikan saham. Menurutnya penjualan saham pribadi oleh para pendiri lain adalah murni keputusan individu.  

“Sehubungan dengan keterbukaan informasi yang baru saja dikeluarkan Perseroan, saya ingin menegaskan bahwa keputusan pribadi dari beberapa mantan direksi  untuk menjual saham yang dimilikinya tidak menunjukkan hilangnya kepercayaan kepada Perseroan atau prospek bisnisnya. Keputusan tersebut adalah keputusan pribadi yang bergantung pada kondisi masing-masing individu,” jawabnya secara tertulis kepada Bisnis, Jumat (20/10/2023).

Selain itu, Patrick Walujo mengonfirmasi bahwa rencana penjualan saham tersebut tidak terkait sama sekali dengan strategi, kinerja, atau komitmen GoTo kepada para pemegang sahamnya. Dia meyakini GOTO memiliki kekuatan bisnis yang terbukti.

“GoTo memiliki modal dasar yang kuat, dan setiap unit bisnis, termasuk layanan On-Demand, E-commerce, serta Financial Service, mencatatkan peningkatan kinerja dan pertumbuhan,” katanya.

Patrick Walujo yang juga tercatat sebagai pendiri Northstar Group pun menjabarkan sejumlah langkah penting dalam membawa GOTO pada pertumbuhan bisnis sekaligus merealisasikan target adjusted EBITDA positif. 

“Perseroan terus berinovasi, antara lain dengan menghadirkan  GoCar Hemat, GoFood Hemat, GoRide Transit, aplikasi GoPay, dan GoPay Tabungan by Jago. Perseroan juga telah mencatatkan peningkatan kinerja keuangan dan operasionalnya, termasuk di antaranya peningkatan pendapatan dan perbaikan EBITDA yang disesuaikan,” katanya.

Patrick pun menegaskan fokus manajemen adalah menjalankan strategi bisnis, mencapai tujuan-tujuan profitabilitas Perseroan, dan mewujudkan pertumbuhan yang berkelanjutan dan profitabel untuk jangka panjang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper