PIP Gelar Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro dan Kampanye Anti Korupsi

Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menggelar “Sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro dan Kampanye Anti Korupsi” pada hari Kamis, (21/09/2023).
Foto: PIP Gelar Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro dan Kampanye Anti Korupsi
Foto: PIP Gelar Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro dan Kampanye Anti Korupsi

Bisnis.com, PEKALONGAN – Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menggelar “Sosialisasi Program Pembiayaan Ultra Mikro dan Kampanye Anti Korupsi” pada hari Kamis, (21/09/2023). Acara ini dihadiri oleh beberapa pihak, yaitu Imaduddin selaku Direktur Hukum dan Manajemen Risiko PIP, Toni Andrianto selaku Kepala SPI PIP, Siti Masruroh selaku Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Pekalongan beserta jajaran, Pudji Ardi Susatyo Achmadi selaku Kepala KPPN Pekalongan, dan Musyarofah selaku Manager KSPPS BMT Mitra Ummat Pekalongan.

Kegiatan ini tak hanya sekadar pertemuan, melainkan momentum berharga untuk memperkenalkan dua agenda penting, yaitu Program Pembiayaan Ultra Mikro PIP dan Sosialisasi Anti Korupsi di wilayah Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, serta Kota Pekalongan.

Program Pembiayaan Ultra Mikro atau yang lebih dikenal dengan Pembiayaan UMi, sejak tahun 2017 telah menjadi penopang utama bagi usaha ultra mikro yang belum mendapatkan akses perbankan. Program ini menggema hingga lebih dari 500 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia, dengan total penyaluran mencapai Rp33,4 triliun per tanggal 19 September 2023.

PIP Gelar Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro dan Kampanye Anti Korupsi

Ary Dekky Hananto selaku Kadiv Penyaluran Pembiayaan I PIP, yang menjadi salah satu narasumber acara tersebut, menjelaskan kerja sama antara PIP dan Pemerintah Daerah, antara lain edukasi dan sosialisasi tentang pembiayaan Ultra Mikro kepada LKBB (LKM dan Koperasi), peningkatan ketersediaan akses pembiayaan ini bagi pelaku usaha mikro, kemudahan akses pembiayaan bagi masyarakat sekaligus penguatan kelembagaan LKBB (LKM dan Koperasi), dalam bentuk penyediaan dana APBD untuk Pembiayaan, Imbal Jasa Penjaminan dan/atau Subsidi Bunga/Marjin, pengembangan usaha mikro melalui pelatihan dan pendampingan pelaku usaha, serta pembinaan dan pengawasan terhadap Penyalur Pembiayaan UMi dengan penilaian kesehatan, dan berbagi informasi untuk mitigasi risiko.

Pentingnya acara ini ditandai dengan kehadiran 71 pengurus koperasi dari Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, dan Kota Pekalongan. Mereka hadir dengan tujuan yang jelas, yakni memperoleh informasi dan akses terhadap peran pemerintah dalam mendukung usaha kecil melalui pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dan kampanye anti korupsi kepada masyarakat.

Imaduddin menyampaikan komitmen Pusat Investasi Pemerintah untuk mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan pelayanan yang profesional dan integritas yang kuat.

Dengan semangat yang tulus, acara ini menggarisbawahi pentingnya bersama-sama bergerak menuju masa depan yang lebih cerah bagi usaha kecil di Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper