Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Grup GOTO Tokopedia Catat Kenaikan Transaksi 100 persen per Agustus 2023

Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi dua kali lipat atau 100 persen sejalan dengan pertumbuhan penjual UMKM menjadi 14 juta per Agustus 2023.
Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi dua kali lipat atau 100 persen sejalan dengan pertumbuhan penjual UMKM menjadi 14 juta per Agustus 2023. Bloomberg/Dimas Ardian
Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi dua kali lipat atau 100 persen sejalan dengan pertumbuhan penjual UMKM menjadi 14 juta per Agustus 2023. Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Grup PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi dua kali lipat atau 100 persen sejalan dengan pertumbuhan penjual UMKM menjadi 14 juta per Agustus 2023. 

Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia Antonia Adega menjelaskan kenaikan fantastis tersebut terjadi selama pandemi Covid-19. Sepanjang 2019, penjual UMKM Tokopedia sebesar 7 juta, namun hingga 2023, pertumbuhan terjadi dua kali lipat menjadi 14 juta penjual. 

“Saat ini sudah terdiri dari lebih dari 14 juta penjual dan hampir 100 persen pelaku UMKM. Melalui Tokopedia, mereka memasarkan lebih dari 1,8 miliar produk terdaftar kepada masyarakat di 99 persen kecamatan di Indonesia,” kata Antonia, Rabu (31/8/2023). 

Seiring dengan pertumbuhan pelaku UMKM yang memanfaatkan platform Tokopedia, transaksi yang terjadi juga mengalami apresiasi rata-rata dua kali lipat sepanjang semester I/2023 dibandingkan dengan semester II/2022.

Meski Antonia tidak merincikan secara pasti angka tersebut, namun beberapa kategori yang tercatat paling diminati pasar adalah produk makanan dan minuman, hampers makanan (kue kering, cokelat, buah), wortel dan beras ketan.

Sementara khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia selama setahun ke belakang, antara lain olahraga dan hobi, fesyen, serta kebutuhan sehari-hari atau groceries termasuk makanan dan minuman serta perawatan diri.

“Selain itu, di DIY, daging kambing, hampers makanan kue kering dan cokelat, beras hitam, cabai hijau dan kopi literan menjadi beberapa produk makanan dan minuman yang paling banyak dibeli melalui Tokopedia, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester II 2022, dengan rata-rata peningkatan penjualan lebih dari 2,5 kali lipat,” jelas Antonia.

Kenaikan transaksi tersebut disebabkan beberapa fitur yang disediakan oleh Tokopedia terutama fitur hyperlocal yang menerapkan teknologi geo-tagging dan bertujuan mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada.

Hyperlocal Tokopedia terdiri dari berbagai manifestasi. Contohnya, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) yang merupakan halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. KTP memungkinkan penjual menjangkau pasar di wilayah sekitarnya dengan lebih mudah

Ada pula Dilayani Tokopedia, layanan pemenuhan pesanan, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir dan penanganan kendala.

Penjual dapat menitipkan produk di gudang-gudang pintar Dilayani Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi. Dengan Dilayani Tokopedia, penjual bisa menjangkau pasar di luar kota atau pulau dengan lebih mudah, tanpa harus berpindah lokasi dan membuka toko cabang sendiri.

Selain melalui KTP dan Dilayani Tokopedia, masyarakat juga bisa mengakses produk makanan dan minuman dengan lebih mudah dan terjangkau dari berbagai pelaku usaha di Indonesia lewat kampanye Tokopedia NYAM! yang juga merupakan perwujudan Hyperlocal Tokopedia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper