Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebih Stabil Jelang Paruh Kedua, Analis Targetkan IHSG ke 7.600

Samuel Sekuritas Indonesia optimistis pasar domestik akan lebih stabil dan mendukung penguatan IHSG pada semester II/2023.
Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari pertama perdagangan saham tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati beraktivitas di kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada hari pertama perdagangan saham tahun 2023 di Jakarta, Senin (2/1/2023). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dinilai bisa bergerak lebih stabil pada paruh kedua 2023. Analis Samuel Sekuritas Indonesia mempertahankan target IHSG tetap di level 7.600. 

Analis Samuel Sekuritas Indonesia Prasetya Gunadi mengungkapkan pada Juni 2023 tren net sell di bursa saham Indonesia belum berubah, dengan total net sell asing sepanjng Juni mencapai Rp3,7 triliun. 

"Namun, kami memperkirakan aliran dana asing akan kembali ke pasar ekuitas di semester II/2023. Kami meyakini faktor eksternal akan mulai stabil dan suku bunga acuan telah mencapai titik puncaknya. The Fed bahkan mungkin saja akan memutuskan menurunkan suku bunga acuan FFR yang akan meningkatkan kemungkinan investor kembali berinvestasi dan membangun kembali portofolio mereka," ungkapnya dalam riset, dikutip Minggu (25/6/2023). 

Di tengah kekhawatiran resesi global, Samuel Sekuritas Indonesia juga yakin Indonesia dapat menjadi salah satu pasar negara berkembang yang paling populer karena ekonominya yang mayoritas bertumpu pada pasar domestik, yang menjadikannya relatif tangguh di tengah badai resesi. Selain itu, belanja terkait pemilu juga akan mendorong ekspansi ekonomi Indonesia pada paruh kedua tahun ini.

Selain itu, tidak hanya dana asing, Analis juga memperkirakan para pelaku pasar lokal akan lebih banyak menginvestasikan dananya, di tengah keyakinan bahwa suku bunga acuan telah mencapai puncaknya dan IHSG diperdagangkan pada valuasi menarik di 13,1 kali forward P/E. 

Adapun, menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), reksa dana saham lokal memiliki tingkat kas sebesar 14,3 persen pada Mei 2023. Meskipun lebih rendah dari level bulan sebelumnya di 16,6 persen, angka ini masih lebih tinggi dari rata-rata 10 tahun sebesar 10,2 persen.

"Oleh karena itu, kami mempertahankan proyeksi IHSG kami, serta mempertahankan target skenario base case fundamental kami untuk IHSG di sepanjang 2023 di level 7.600 dengan P/E 15,0 kali," jelasnya. 

Adapun, Samuel Sekuritas Indonesia yakin sektor perbankan, telekomunikasi, dan consumer staples akan tetap menjadi pendorong utama pertumbuhan laba IHSG pada sepanjang 2023. 

Margin sektor perbankan Indonesia diperkirakan akan membaik pada kuartal-kuartal mendatang, karena sejumlah bank masih memiliki likuiditas yang melimpah dan mampu membatasi penurunan margin mereka menjadi hanya 20bps secara kuartalan (quarter-on-quarter/qoq) meskipun ada kenaikan suku bunga deposito sebelum Ramadan atau Idulfitri. 

Selain itu, emiten consumer staples juga diyakini akan membukukan pertumbuhan positif sepanjang sisa tahun ini, didukung oleh pertumbuhan ekonomi, kenaikan upah minimum, momentum pemilu, dan strategi ekspansi. 

"Tiga dari lima emiten consumer staples dalam coverage kami, ICBP, KLBF, dan SIDO diproyeksikan membukukan pertumbuhan dua digit tahun ini," ungkapnya. 

Untuk sektor telekomunikasi, analis juga melihat potensi katalis positif dari trickle-down effect pada semester kedua tahun ini dari pemilu, serta persaingan yang lebih matang di industri telekomunikasi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper