Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Membangun Keberlanjutan Bisnis dengan CSR, 7 Unit Usaha APP Sinar Mas Raih Level Tinggi Top CSR Award 2023

Penghargaan ini menekankan bahwa program CSR tidak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat dan lingkungan.
7 unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas meraih penghargaan Top CSR Award 2023/ Istimewa
7 unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas meraih penghargaan Top CSR Award 2023/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- 7 unit usaha Asia Pulp & Paper atau APP Sinar Mas meraih penghargaan Top CSR Award 2023, yang merupakan penghargaan untuk mengapresiasi keberlanjutan dan tanggung jawab sosial perusahaan.

Penghargaan Top CSR Award 2023 menekankan bahwa program Corporate Social Responsibility (CSR) tidak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat dan lingkungan saja, tetapi juga harus selaras dengan strategi bisnis, mendukung pencapaian target-target bisnis agar kinerja perusahaan dapat terus tumbuh secara berkelanjutan.

Pada penghargaan Top CSR Award 2023 ini PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (Tjiwi Kimia) meraih peringkat tertinggi (bintang 5), sementara PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP), PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills (Pindo Deli), PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry (LPPPI), PT Arara Abadi, PT Wirakarya Sakti, dan PT Sumalindo Hutani Jaya (SHJ) masing-masing meraih peringkat tinggi (bintang 4).

Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata mengatakan APP Sinar Mas menyambut baik penghargaan ini sebagai sebuah pencapaian atas upaya nyata dalam menerapkan strategi bisnis berkelanjutan dengan program CSR yang inovatif.

“Kedua elemen ini saling melengkapi, mendukung pertumbuhan bisnis kami sekaligus memberikan manfaat positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," katanya dalam keterangan resmi, Kamis (8/6/2023).

Penghargaan Top CSR Award 2023 diberikan berdasarkan sejauh mana inisiatif CSR suatu perusahaan sejalan dengan strategi bisnisnya, bagaimana kebijakan dan program CSR berjalan sesuai dengan ISO 26000:2010, tata kelola CSR, dan penerapan konsep Creating Shared Value (CSV).

Perusahaan yang mendapatkan bintang 5 menunjukkan keunggulan dalam sistem, kebijakan, dan implementasi CSR, yang sangat mendukung pertumbuhan bisnis berkelanjutan. Adapun, perusahaan dengan bintang 4 memiliki sistem, kebijakan, dan implementasi CSR yang sangat baik, dan sudah mendukung pertumbuhan bisnis berkelanjutan.

Suhendra menambahkan bahwa program yang telah dijalankan unit-unit usaha APP Sinar Mas juga sejalan dengan Sustainability Roadmap Vision (SRV) 2030 yang telah dicanangkan.

"Kami berupaya untuk terus berinovasi agar pertumbuhan bisnis kami juga memberikan dampak positif bagi semua pihak," tambahnya.

APP Sinar Mas tidak hanya memenuhi ketentuan ISO 26000 dan aspek lingkungan, tetapi juga memperhatikan aspek CSV dan keselarasan CSR untuk mendukung bisnis perusahaan agar tumbuh berkelanjutan.

PT Tjiwi Kimia misalnya, telah menjalankan program pemberdayaan komunitas lokal dengan memberikan akses kerja sama di bidang konstruksi, pasokan material/barang serta jasa, dengan 95 pemasok lokal yang melibatkan lebih dari 5,454 pekerja.

Selain itu, Tjiwi Kimia juga memiliki program pemanfaatan limbah abu sisa pembakaran batu bara (fly ash & bottom ash) sebagai bahan campuran batako dan paving block yang disalurkan ke sekolah, pembangunan sanitasi masyarakat dan infrastruktur desa.

Sebagai informasi, penghargaan Top CSR Award telah digelar sejak 2017 oleh Majalah Top Business, bekerja sama dengan sejumlah institusi seperti Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PaGI), Asosiasi GRC Indonesia, Corebest, Lembaga Kajian Nawacita, ISVI, Yayasan Pakem, SDP, dan SKB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper