Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertahankan Pertumbuhan Positif Sepanjang 3 Tahun, PT IKPP Raih Bisnis Indonesia Award 2023

BIA merupakan ajang apresiasi tahunan bagi korporasi terkemuka, khususnya perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.
Kurniawan Yuwono, Direktur PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk menerima penghargaan pada Bisnis Indonesia Award 2023/ Istimewa
Kurniawan Yuwono, Direktur PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk menerima penghargaan pada Bisnis Indonesia Award 2023/ Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA –  Unit usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. (IKPP) meraih penghargaan Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 untuk kategori Perhutanan & Kertas. 

"Bertumbuh di Era Baru" menjadi tema acara tahun ini, di mana BIA memberikan penghargaan kepada perusahaan yang mampu mempertahankan pertumbuhan positif sepanjang 3 tahun terakhir, tetap aktif mencari peluang dalam memaksimalkan kinerja perusahaannya, serta siap menghadapi era baru pasca pandemi Covid-19.

"Kami menyambut baik penghargaan ini, apresiasi dan penilaian dari Bisnis Indonesia ini merupakan wujud nyata upaya dan komitmen kami dalam membangun bangsa yang bertumpu pada peningkatan ekonomi. Namun, tetap memprioritaskan praktik bisnis yang berkelanjutan sejalan dengan Sustainability Roadmap Vision 2030 (SRV 2030) yang telah kami canangkan," ujar Wakil Presiden Direktur PT IKPP Suhendra Wiriadinata dalam keterangan pers, Rabu (31/5/2023). 

Adapun, BIA telah berjalan selama 21 tahun. BIA merupakan ajang apresiasi tahunan bagi korporasi terkemuka, khususnya perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Suhendra mengatakan bahwa penghargaan BIA 2023 juga menjadi bukti bahwa bisnis yang bertanggung jawab dapat tumbuh dan berkembang di tengah tantangan dan perubahan zaman.

Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group Hariyadi Sukamdani dalam sambutannya menjelaskan, pemulihan ekonomi yang didorong dari sisi konsumsi pascacovid-19 dan pencabutan PPKM saat ini semakin memperlihatkan kuatnya optimistis masyarakat dan laju pertumbuhan yang melampaui perkiraan.

"Kinerja pertumbuhan produksi barang dan jasa pada kuartal I/2023 yang mencapai 5,03 persen atau lebih tinggi dari konsensus ekonom sebelumnya di angka 4,8 persen, menjadi salah satu indikator pulihnya perekonomian domestik," katanya. 

Ketua Dewan Komisaris OJK Mahendra Siregar dalam sambutannya secara virtual mengatakan bahwa, tujuan dari penyelenggaraan acara BIA adalah untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan yang memang mampu mencapai kinerja yang baik di era yang baru ini.

"Saya menyampaikan selamat kepada semua perusahaan yang memperoleh penghargaan ini. Kami berharap kita semua terus meningkatkan kinerja dalam memperbaiki governance, dengan membangun kerja sama, kolaborasi, dan sinergi demi kemajuan bangsa dan negara," ucap Mahendra.

Dalam proses penilaiannya, penerima award BIA 2023 telah lolos screening awal berdasarkan kriteria total aset, total ekuitas, dan net income positif. Skor diberikan berdasarkan rasio pertumbuhan dan rasio kinerja untuk periode penilaian kuartal IV/2022, kuartal IV/2021, dan kuartal IV/2020. 

Para juri juga menilai berbagai aspek lain seperti pertimbangan sustainability dan risk management, serta tata kelola perusahaan. PT IKPP, emiten berkode saham INKP itu berhasil unggul dalam rasio pertumbuhan, rasio kinerja, serta penilaian kualitatif oleh juri.

Dewan Juri BIA 2023 terdiri dari Prof. Wimboh Santoso, SE., M.Sc. Ph.D., Ketua Dewan Komisioner OJK 2017-2022; Prof. Mardiasmo, M.B.A., Ph.D., Wakil Menteri Keuangan 2014-2019; Lulu Terianto, Presiden Direktur PT Jurnalindo Aksara Grafika; Rivan Kurniawan, Direktur PT Indovesta Utama Mandiri; dan Doni Firdaus, Direktur PT Bahana TCW Investment Management.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper