Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indosat (ISAT) Pertahankan Rekor, Trafik Data Lebaran Naik 27 Persen

Indosat (ISAT) mempertahankan rekor peningkatan trafik data tertinggi dengan kenaikan 27 persen pada periode libur Lebaran 2023.
Karyawan melayani pelanggan di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (15/2/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamrti
Karyawan melayani pelanggan di gerai PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison di Jakarta, Rabu (15/2/2023). Bisnis/Eusebio Chrysnamrti

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten telekomunikasi PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mempertahankan rekor pertumbuhan trafik data tertinggi dengan kenaikan 27 persen pada periode libur Lebaran di 2023. 

Senior Vice President Corporate Communications Indosat Steve Saerang mengatakan peningkatan trafik data di periode libur lebaran 2023 ini mengulangi pencapaian tahun 2022. Pada 2022, ISAT mencatatkan pertumbuhan trafik data tertinggi dengan kenaikan 27 persen pada periode libur lebaran 2022 dibandingkan periode yang sama tahun 2021, atau naik 13 persen dibandingkan dengan hari normal tahun 2021. 

Steve melanjutkan sebagai hasil dari jaringan yang telah 100 persen terintegrasi di 46.000 sites di seluruh Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison berhasil memberikan jangkauan yang lebih baik dan luas untuk melayani kebutuhan telekomunikasi digital pelanggannya di kampung halaman, sampai level kecamatan pada periode libur Lebaran 2023. 

"Tercatat peningkatan lalu lintas data pelanggan tertinggi terjadi pada malam takbiran yang melonjak 25 persen dibandingkan Lebaran tahun lalu," ucap Steve kepada Bisnis, Rabu (26/4/2023).

Dalam periode libur Lebaran tahun ini, ISAT mencatat pemakaian aplikasi media sosial mengalami kenaikan sebesar 45 persen, messaging dan video call naik 28 persen, mobile gaming naik 14 persen, serta streaming video dan musik naik 10 persen dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu. 

Pelanggan ISAT paling banyak mengakses aplikasi TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook saat mengisi waktu mudik dan liburnya, termasuk penggunaan aplikasi permainan daring seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG.

Steve menjelaskan ISAT turut mencatatkan kenaikan lalu lintas data sebesar 15 persen di masa libur Lebaran dibandingkan dengan hari normal tahun ini. 

Melalui analisa yang berdasarkan data statistik di masa libur Lebaran tahun-tahun sebelumnya, ISAT berhasil mengantisipasi lonjakan trafik data yang signifikan di berbagai kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Tegal, Serang, Solo, Purwokerto, Purwakarta, Banjarnegara, Cianjur, Madura, Bandung, Pati, dan Tuban. 

Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Metro-Kota Bumi, Baturaja, Bandar Lampung, Bone, Sampit, dan Pare-pare.

Adapun sama seperti tahun lalu, ISAT berharap konsistensi peningkatan trafik data di bulan Ramadan dan periode libur Lebaran akan berkontribusi positif terhadap pendapatan perusahaan di kuartal II/2023 ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper